Mengenal Public Relations
Pada 25 Februari 2017 diadakan pelatihan pengenalan mengenai public relations kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Jakarta karena masih banyak yang belum memahami Public Relations. Tim dosen Marketing Communication, dan staf Community Development Binus university, menyelenggarakan acara Penyuluhan Public Relations untuk ibu-ibu dan bapak-bapak pelaku UMKM se-jabotabek.
Komunikasi adalah kebutuhan dasar manusia, masyarakat pada umumnya sering menganggap hal biasa saja, padahal, itu adalah salah satu fungsi petugas Public Relations. Semua orang sudah melakukan fungsi Public Relations. Tetapi, banyak yang tidak mengetahui dan tidak menyadari bahwa telah melakukan kegiatan Public Relations. Scott M.Cutlip & Allen H.Center merumuskan definisi Public Relations yaitu “Fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tatacara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya”.
Untuk menginformasikan suatu pengumuman atau sebuah ceritera, maka seseorang harus menggunakan ekspresi wajah dan gesture yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan si penerima pesan. Untuk itu seorang individu dituntut untuk berpenampilan yang baik, sopan, terbuka, dan komunikatif. Salah satu kegiatan Public Relations yaitu berbicara di muka umum, bahkan kemampuan berkomunikasi dengan baik ini merupakan tuntutan di hampir semua profesi. Oleh karena itu, perlu diselenggarakan secara berkala sebuah event seperti Ceramah/seminar dan pelatihan public Relations. Sehingga, Menghasilkan individu-individu yang mampu merencanakan program kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat, dan mampu membangun hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya.