Konsep Sistem Kepuasan Pelanggan
Tujuan pelatihan ini adalah memberikaninformasi terkait usaha yang sudah dijalankan. Usaha yang masih kecil, sebenarnya dapat dikembangkan dengan mengenal konsumen, meningkatkan kualitas produk atau jasa, meningkatkan sistem kepuasan konsumen walau masih tradisional. Pelatihan ini juga mengajarkan kepada UMKM tersebut untuk memahami beberapa hal seperti skala usaha, jenis produk, sistem tenaga kerja, jenis distribusi, type konsumen, kepuasan konsumen, kepemilikan, pesaing, sistem produksi, modal keuangan, bahan baku, lokasi pemasaram, laporan keuangan dan sistem informasi. Semua hal tersebut merupakan bagian dari UMKMĀ agar bisnisnya dapat berkembang. Lokasi yang dinilai sebagai wilayah padat penduduk dapat menjadi salah satu nilai lebih dalam peningkatan penjualan. Pelatihan ini diharapkan dapat mengubah paradigma UMKM agar lebih terstruktur.
Ditulis oleh:
Indriana, SE. MM.
NIDN: 0322018102
Kode Dosen : D5351