Menggali Potensi Kewirausahaan Digital Gen Z: Kisah Inspiratif dari SMA Al Azhar 19 Ciracas
Di tengah gempita era digital yang terus berpacu, Generasi Z sebagai generasi yang lahir dan tumbuh bersama teknologi memiliki potensi tak terbatas untuk menjadi motor penggerak ekonomi bangsa. Menyambut tantangan sekaligus peluang ini, BINUS University, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) hadir sebagai jembatan pengetahuan dan inspirasi. Kami percaya dalam melakukan pemberdayaan komunitas/masyarakat merupakan sebuah narasi kolaborasi yang mengubah. Kisah ini bermula dari SMA Islam Al Azhar 19 Ciracas , di mana 25 siswa/i bersemangat untuk membekali diri dengan keahlian yang sangat dibutuhkan di masa kini: kewirausahaan di era digital. Kegiatan ini, yang kami usung dengan tajuk “Kewirausahaan untuk Gen Z” dan didukung oleh Jurusan Manajemen/BBSUP, menjadi bukti nyata komitmen kami dalam mencetak talenta muda yang berdaya saing dan inovatif.
Latar belakang pelaksanaan kegiatan ini berakar dari keyakinan bahwa perkembangan teknologi yang pesat, tingginya penetrasi ponsel pintar dan luasnya akses internet di Indonesia telah membuka peluang besar bagi Gen Z untuk menciptakan bisnis inovatif. Generasi ini tak hanya memerlukan pengetahuan dasar, tetapi juga keterampilan praktis dan pola pikir strategis untuk memanfaatkan media sosial dan teknologi sebagai sarana pemasaran. Oleh karena itu, pada hari Selasa, 5 Agustus 2025 , salah satu tim PkM yang dilaksanakan oleh Bapak Danang Prihandoko, ST, MM, CDM , dan mahasiswa/i lainnya menyelenggarakan pelatihan onsite di Kampus Binus Bekasi R413 dan R409. Kegiatan tersebut yang berlangsung dari pukul 09.50 hingga 14.00 WIB tidak hanya fokus pada materi, tetapi juga melibatkan permainan Cash Flow Management yang interaktif , ini merupakan sebuah bentuk pengabdian berupa pelatihan yang edukatif dan mendalam.
Pelaksanaan kegiatan ini dirancang secara komprehensif di mana peserta dibekali dengan konsep utama kewirausahaan, termasuk jenis-jenis wirausaha seperti ecopreneur, technopreneur, dan religiopreneur. Kami juga menghadirkan kisah-kisah sukses wirausahawan muda Indonesia, seperti Ahmad Zaky (Bukalapak) dan Elidawati (El-Zatta Hijab), untuk menanamkan inspirasi bahwa kesuksesan dapat diraih di usia muda melalui keberanian, konsistensi, dan inovasi. Lebih dari sekadar teori, sesi bermain Cash Flow Management menjadi arena simulasi bagi para siswa/i untuk merasakan langsung pentingnya manajemen keuangan dan berpikir jangka panjang melalui prinsip “Buy the future with the present value”. Respon peserta sangat luar biasa; mereka menunjukkan antusiasme tinggi dalam bertanya, khususnya tentang keahlian yang relevan di era digital dan Gen Z.
Keberhasilan kegiatan ini tidak hanya terukur dari selesainya sesi pelatihan, namun juga dari dampak nyata yang dihasilkan. Peserta berhasil memahami pentingnya menjalankan usaha di era digital sehingga menjadi salah satu indikator keberhasilan yang telah kami targetkan. Secara emosional, kami melihat peningkatan kepercayaan diri, kreativitas, dan munculnya pola pikir strategis di kalangan peserta untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui usaha inovatif. Selain manfaat langsung kepada komunitas, hasil dari PkM ini juga memperkaya materi akademik di BINUS University. Materi dan studi kasus dari PkM ini diintegrasikan sebagai enrichment (pengayaan) untuk mata kuliah Entrepreneurship (kode ENTR6003) , khususnya topik “Kewirausahaan untuk Gen Z”, memastikan bahwa pembelajaran di kampus tetap relevan dengan dinamika dan kebutuhan masyarakat.