Merangkai Asa UMKM Jakarta Barat : Strategi Promosi Digital untuk Produk Fashion dan Craft

Di tengah hiruk pikuk era digital, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seringkali berjuang untuk mengembangkan sayapnya. Keterbatasan pengetahuan tentang teknologi menjadi salah satu tantangan terbesar, padahal dunia telah bergeser dari pasar offline ke online. Menyikapi hal ini, tim dosen dan mahasiswa BINUS University dari Jurusan Komunikasi Pemasaran tergerak untuk memberikan kontribusi nyata. Kami merangkul 30 UMKM binaan SUDIN PPKUKM Jakarta Barat, khususnya yang bergerak di bidang Fashion dan Craft. Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Strategi Promosi melalui Media Sosial ini menjadi sebuah jembatan, memastikan produk lokal unggulan ini tidak hanya bertahan, tetapi juga berdaya saing global.

Apa yang kami lakukan adalah sebuah program pengabdian masyarakat (PkM) dengan fokus utama pada digital branding dan social media marketing. Para peserta, yang saat itu berpartisipasi dalam Festival Jakarta Great Sale yang bertepatan dengan HUT Kota Jakarta ke-498, mendapatkan bekal praktis dan strategi mendalam. Kami hadir sebagai tim yang dilaksanakan oleh Dr. Dra. Lidya Wati Evelina, MM, bersama para mahasiswa pendamping, untuk memberikan pendampingan yang transformatif. Tujuan utamanya jelas: Meningkatkan keterampilan promosi digital, memberikan pendampingan praktis Digital Branding, dan mendukung pertumbuhan produk lokal. Lebih dari sekadar teori, kami ingin UMKM ini benar-benar memahami cara membuat strategi promosi yang efektif melalui berbagai platform digital.

Aksi nyata ini terwujud pada hari Jumat, 4 Juli 2025 di Mal Puri Indah, Jakarta Barat. Bagaimana kami merealisasikannya? Kami membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan mulai dari menentukan tujuan promosi yang jelas, mengenali target audiens, membangun identitas merek yang kuat, hingga strategi konten yang variatif (edukasi, hiburan, interaktif). Langkah pendampingan kami bahkan menyentuh aspek teknis seperti membuat akun TikTok untuk live streaming dan ‘keranjang kuning’, mengelola akun Instagram agar memiliki branding yang kohesif, dan mendesain ulang kemasan yang menarik. Ini adalah sebuah upaya holistik, memastikan setiap sentuhan digital dapat menciptakan nilai dan menarik minat beli masyarakat.

Sentuhan humanity menjadi inti dari setiap sesi. Kami memahami bahwa di balik setiap produk kerajinan atau fashion, ada kisah, mimpi, dan jerih payah para pengrajin. Kami tidak hanya mengajarkan cara menjual, tetapi juga cara bercerita (storytelling) untuk membangun hubungan emosional dengan pelanggan, dan bagaimana membangun komunitas online (fanbase). Sinergi antara BINUS University, SUDIN PPKUKM Jakarta Barat, dan para pelaku UMKM adalah bukti nyata semangat kolaboratif, inovatif, dan berbudaya yang menjadi misi kami. Program ini tidak hanya meningkatkan kapasitas bisnis, tetapi juga memberikan liputan media yang meningkatkan visibilitas mereka di panggung kota Jakarta.

Kisah sukses ini adalah babak baru bagi UMKM Fashion dan Craft Jakarta Barat. Mereka kini dilengkapi dengan strategi digital yang lebih matang, siap menghadapi pasar online yang kompetitif. Keberhasilan program ini, yang diukur dari pemahaman peserta tentang strategi promosi media sosial, menegaskan komitmen BINUS University dalam memberdayakan komunitas dan mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang inklusif, selaras dengan SDGs Goals 9. Kami mengundang Anda, baik dosen, mahasiswa, maupun praktisi, untuk menjadi bagian dari perjalanan inspiratif ini. Temukan peluang kolaborasi Anda berikutnya dengan komunitas, dan mari bersama-sama menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi bangsa.