BINUS University dan BSI Maslahat Luncurkan Alat Rekacipta IoT “IMON-ANDA MANTAU”, Langkah Menuju UMKM Berbasis Teknologi

Pada 26 September 2024, Pondok Pesantren Al-Mahfudz di Sentul, Bogor, menjadi tuan rumah acara penting penyerahan resmi produk IoT “IMON-ANDA MANTAU” sebagai hasil kolaborasi antara BINUS University dan BSI Maslahat. Kolaborasi ini lahir dari project berjudul “Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM dengan Memanfaatkan LMS ANDA-MANTAU untuk Mempersiapkan UMKM Berbasis Teknologi,” yang diketuai oleh Dr. Devi Fitrianah, S.Kom., M.T.I., dosen Master of Computer Science BINUS University. Produk IoT IMON-ANDA MANTAU merupakan perangkat monitoring untuk melihat kualitas air pada kolam ikan, alat ini diharapkan dapat membantu usaha budidaya ikan sistem Bioplok di Pondok Pesantren untuk memonitoring kondisi air agar efisien dalam pemeliharaan dan meningkatkan kualitas budidaya ikan.

Dalam sambutannya melalui daring, Ibu Retno Dewanti, S.Si., M.M., Ph.D., selaku Manager Community Empowerment BINUS University, menekankan pentingnya inovasi teknologi dalam memajukan sektor UMKM. Penyerahan produk IoT “IMON-ANDA MANTAU” kepada Pesantren Al-Mahfudz diharapkan dapat membantu memantau dan meningkatkan efisiensi operasional mereka. Alat ini menjadi simbol transformasi menuju UMKM berbasis teknologi yang lebih siap menghadapi tantangan di era digital.

Selain penyerahan produk, acara ini juga diisi dengan pelatihan penggunaan alat IoT “IMON-ANDA MANTAU” yang dipandu oleh I Gede Putra Kusuma Negara, B.Eng., Ph.D. Sementara itu, pelatihan penggunaan Learning Management System (LMS) ANDA-MANTAU dibimbing oleh Dr. Eng. Antoni Wibowo, S.Si., M.Kom., M.Eng. Tak hanya itu, mahasiswa BINUS University juga berpartisipasi aktif dalam proses instalasi alat di lokasi, menambah pengalaman praktis mereka di lapangan.

Dengan adanya kolaborasi dan pelatihan ini, pelaku UMKM diharapkan dapat lebih siap menghadapi tantangan bisnis berbasis teknologi dan mampu meningkatkan kapasitas mereka dalam bersaing di pasar digital yang semakin dinamis.

Gusti