Menjejak Kolaborasi Nyata : Pemberdayaan UMKM di Jantung Jakarta

Pernahkah Anda membayangkan sinergi yang mengubah mimpi menjadi aksi nyata, di mana akademisi dan komunitas berpadu untuk menciptakan dampak positif? Itulah esensi dari Pengabdian Pada Masyarakat (PKM) yang secara konsisten diusung oleh BINUS University. Di tengah hiruk-pikuk Ibu Kota, sebuah kisah inspiratif terukir dalam perhelatan akbar Festival Jakarta Great Sale (FJGS). Kegiatan ini bukan sekadar pameran biasa; ia adalah manifestasi nyata dari kolaborasi positif antara Pemerintah DKI dan Pelaku Usaha UMKM, sebuah panggung bagi produk-produk lokal yang dikemas dengan apik, menawarkan diskon menarik, dan memiliki branding yang kuat. Mari kita selami lebih dalam bagaimana BINUS University terlibat, mengubah pameran di Puri Indah Mall, Jakarta Barat, yang berlangsung dari 10 Juni hingga 10 Juli 2025, menjadi sebuah laboratorium pemberdayaan.

Acara yang dibuka oleh Ibu Dewi Indriati, istri dari Wagub DKI Jakarta Rano Karno, dan dihadiri oleh Walikota Jakarta Barat, TNI & Polri, dan tentunya dilaksanakan oleh Tukina, dosen BINUS serta Mahasiswa BINUS University, menunjukkan betapa vitalnya kolaborasi ini. Mengapa BINUS merasa terpanggil? Keterlibatan ini sejalan dengan misi luhur universitas dalam mendukung komunitas. Era digital yang bergerak cepat menuntut UMKM untuk lebih dinamis. Inilah letak human impact yang mendalam: BINUS hadir untuk mendampingi para pelaku usaha agar mereka mampu mengemas produk, hingga mempromosikannya di Media Sosial. Ini adalah upaya tulus untuk memastikan UMKM tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang pesat di tengah gelombang digitalisasi.

Keterlibatan BINUS dalam Pameran Produk UMKM ini mengambil peran sebagai pendamping ahli. Bagaimana ini diwujudkan? Para Dosen dan Mahasiswa turun langsung ke lapangan, memberikan pendampingan praktis. Tak hanya itu, untuk memperkuat bekal pengetahuan, diselenggarakan juga Seminar dengan topik-topik yang sangat relevan dengan tuntutan pasar saat ini, seperti bisnis, branding, media sosial, internet, dan era Digital. Inilah Know-How krusial yang diberikan. Mahasiswa, dengan semangat dan pemahaman akan platform-platform aktual seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, menjadi jembatan vital yang menghubungkan tradisi UMKM dengan strategi pemasaran digital yang relevan dan strategis. Mereka memastikan kemasan dan pemasaran produk UMKM sejalan dengan standar terbaik di era ini.

Pendekatan BINUS adalah holistik. Pameran memberikan panggung, seminar membekali ilmu, dan pendampingan memberikan praktik nyata. Kolaborasi ini menjadi lengkap. Melalui acara yang meriah dengan Musik live dan Fashion Show, produk-produk UMKM disajikan dengan daya tarik maksimal. Inilah Where dan What yang lebih besar: Pameran Produk UMKM adalah bagian dari even besar Festival Jakarta Great Sale (FGJS) di DKI Jakarta. Lebih dari sekadar transaksi, ini adalah transfer pengetahuan dan keahlian yang memberdayakan, memupuk kolaboratif yang nyata, produktif, dan positif antara Pemerintah dan Pelaku Usaha. Kisah ini adalah bukti bahwa pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab sosial untuk mencetak agent of change yang membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

Kisah keberhasilan ini adalah sebuah narasi yang menginspirasi, menjabarkan nilai-nilai BINUS University dalam memberdayakan komunitas dan memberikan kontribusi nyata bagi bangsa. Kami percaya bahwa setiap Dosen dan Mahasiswa memiliki peran untuk membawa perubahan, sekecil apapun itu. Pengalaman ini menunjukkan bahwa integrasi antara teori di kelas dan praktik di lapangan melalui PKM adalah kunci untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas, tetapi juga peduli dan berdampak.-