Making Money for IT Students: 5 Pilihan Bisnis Sampingan Mahasiswa IT

IT (Information Technology) merupakan bidang yang memiliki banyak lahan pekerjaan. Bisa dikatakan tidak ada bidang pekerjaan sekarang ini yang tidak bersentuhan dengan IT.

Karenanya lulusan bidang ini bisa dikatakan memiliki masa depan yang cukup cerah. Lalu bagaimana dengan mereka yang masih menyandang status mahasiswa IT? Untuk mahasiswa IT, sebenarnya banyak peluang usaha di bidang IT yang dapat dijadikan bisnis sampingan untuk mahasiswa. Beberapa di antaranya adalah berikut ini:

1. Jasa Desain Grafis
Jika kamu memiliki hobi membuat desain dan dapat menggunakan perangkat lunak (software) untuk desain, maka usaha kreatif yang satu ini cocok untuk kamu.

Untuk memulai, kamu perlu menyiapkan komputer dengan spesifikasi khusus untuk desain grafis. Harga komputer untuk desain grafis standar berkisar 4-5 juta. Atau, kamu bisa menggunakan komputer yang sudah kamu miliki sekarang. Modal yang relatif kecil ini menjadikan jasa desain grafis sebagai usaha modal kecil.

Sedangkan untuk spesifikasi pemium, kisarannya mencapai 7-8 juta. Kamu bisa mengupgrade komputer setelah pemasukan kamu dari bisnis ini meningkat.

Jika usaha kamu ingin tampil lebih kreatif, hasil desain kamu bisa kamu cetak di berbagai media seni, seperti kaos, tote bag atau bahkan mug. Setelah kamu cetak, barang-barang tersebut kamu bisa jual dengan nilai lebih.

Untuk mempromosikan jasa kamu, kamu dapat memulainya dengan cara yang paling sederhana: mempromosikan desain yang kamu buat di akun jejaring sosial. Unggah desain kamu ke Instagram, Pinterest, Facebook, Path, dan media sosial lainnya.

2. Money Blogging
Menangguk untung dari blogging, seperti lewat Google Adsense, merupakan hal yang banyak dibicarakan tahun-tahun belakangan ini, terkait banyaknya orang yang berhasil meraup pendapatan fantastis hanya dengan blogging. Banyak dari mereka tidak memiliki latar belakang IT. Karena itu money blogging ini dapat menjadi peluang usaha mahasiswa IT, terutama untuk mereka yang suka menulis.

3. Jasa Pembuatan Website
Mahasiswa IT dianggap memiliki kemampuan untuk membuat website. Maraknya perdagangan online memberikan dampak pada peningkatan permintaan pada jasa pembuatan website. Ini adalah peluang usaha yang bagus.

Sebagai awal, gunakanlah CMS untuk membuat website. Dengan CMS, kamu tinggal menyesuaikan (custom) website sesuai permintaan klien. Kamu dapat memulainya dengan membuat website untuk company profile atau toko online.

4. Jasa Reparasi Komputer Paruh Waktu
Mahasiswa IT tentunya memiliki keterampilan tentang komputer, baik software maupun hardware. Dengan keterampilan itu, tidaklah mengherankan jika mahasiswa IT memiliki kemampuan untuk mereparasi komputer.

Jika kamu mahasiswa IT yang menyukai utak-atik komputer, jasa reparasi komputer paruh waktu dapat menjadi usaha sampingan yang cocok untuk kamu.

Kamu dapat mempromosikan jasa kamu lewat akun jejaring sosial atau bahkan membuat status pada akun di jejaring sosial sebagai alat promosi. Kamu dapat memulainya dengan menawarkan anti virus yang murah atau install laptop/komputer dengan waktu singkat dengan harga “miring”.

5. Mengembangkan Games dan Aplikasi untuk Google Play
Pernah mendengar kisah Henry si kuli panggul yang mendapat bayaran belasan juta rupiah dari Google? Dia adalah orang yang membuat games dan aplikasi untuk Google Play. Games dan aplikasi yang dibuatnya sangat disukai orang dan diunduh oleh banyak orang, yang akhinya menghasilkan belasan juta rupiah untuknya.

Jika Henry, seorang kuli panggul, dapat mendapatkan belasan juta rupiah dengan mengembangkan games dan aplikasi di Google Play, kamu sebagai mahasiswa IT juga pasti bisa.

Memang, kamu harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membeli akun di Google Play, namun imbalannya menjanjikan, bukan?

Jadi anggap saja ini seperti mengembangkan ide bisnis modal kecil. Untuk mempromosikan games dan aplikasi kamu, sering-seringlah membuat postingan tentang game dan aplikasi yang kamu buat. Minta juga pendapat dari orang lain tentang game dan aplikasi yang kamu buat untuk pengembangannya nanti.

Tentunya masih banyak usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa IT sebagai sumber penghasilan selama kuliah. Teruslah mengeksplorasi dunia IT dan cermat melihat peluang usaha, karena itu akan menjadi penentu kesuksesanmu nanti.

Artikel ini dtulis oleh Obed dari custombagus.com