Pelatihan Microsoft Office – 3 Maret 2017

Jumat, 3 maret 2017, Binus University mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan memberikan pelatihan Microsoft Office untuk UMKM sejabodetabek. Pelatihan ini diselengarakan setiap minggunya tepatnya di hari jumat, dan berlokasi di kampus Binus Anggrek, Jakarta Barat.

Setiap minggunya Binus membuka tiga kelas dengan jumlah peserta lebih dari 70 peserta, dan Binus juga mengutus pengajar – pengajar yang professional setiap minggunya. Kelas dimulai pukul 08:30 – 16:00 , yang dibagi menjadi 2 sesi. Tidak tangung – tangung Binus mengutus 4 pengajar untuk 1 kelasnya. Kelas pelatihan pun di lengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Pada pelatihan sesi pertama ini dimulai dengan pengenalan Word 1 (format text, bullets and numbering, watermark, header and footer ). Untuk ruangan 628 kampus Binus anggrek diisi oleh Ibu Fifilia, S.Kom., M.MSI , Ibu Dewi Suryani , Bapak Robby Saleh, S.Kom., M.T. , Dan Ibu Angelina Ervina Jeanette Egeten, S.Kom., MMSI . Untuk ruangan 608 kampus Binus anggrek diisi oleh Indra Dwi Rianto, S.Kom., S.Si., M.T.I., Irene Anindaputri Iswanto, Dennise Adrianto, S.Kom., M.T.I. dan Monica Hidajat, S.Kom., M.T.I Sesi pertama berjalan dengan sangat baik, para peserta sangat antusias mengikuti pembelajaran yang diberikan para pengajar, para pengajar pun sangat cekatan dalam membantu para peserta yang mempunyai masalah saat proses belajar mengajar. Sesi satu di akhiri pada pukul 12:00 para peserta dan pengajar diberikan waktu istirahat .

Pada sesi kedua ( pukul 13:00 ) materi yang akan diberikan kepada para peserta adalah Microsoft Word (Insert Picture, ClipArt, Tabel) dan juga cara bagaimana mencari dan download images yang ada di internet kedalam komputer. Untuk sesi kedua ini Binus kembali mengutus pengajar professional yaitu Ibu Zulfany Erlisa Rasjid, B.Sc., MMSI. , Ibu Yulyani Arifin, S.Kom., M.M. , Ibu Rini Wongso, S.Kom., M.T.I , Ibu Santy, S.Kom., M.Sc.
dan pada Ruangan 608 yaitu, Lianawati Christian, S.Kom., M.M., Angelina Permatasari, S.Kom., M.M., Ali Gunawan, S.Kom., M.M. Edy Irwansyah, S.T., M.Si. dan Dr. Henny Hendarti, S.Kom., M.M.

Sebelum kegiatan proses pelatihan pada sesi kedua dimulai, para pengajar terlebih dahulu memperkenalkan beberapa versi dari microsoft word, cara penggunaan dan cara penyimpanan data dalam microsoft word. Tujuan dalam memperkenalkan hal tersebut adalah untuk menambah ilmu pengetahuan dan memberikan kemudahan para peserta menggunakan microsoft word. Kegiatan proses pelatihan dimulai dengan para pengajar mengajarkan bagaimana cara mengambil dan menyimpan suatu gambar pada Internet. Dalam hal ini, banyak peserta yang sudah memahami mengenai cara mencari, download suatu gambar, dan menyimpan gambar pada internet.
Kemudian para pengajar mengajarkan cara insert gambar dalam microsoft word yang bertujuan agar didalam sebuah tulisan atau karangan yang dibuat tidak terlihat monoton. Setelah para pengajar mengajarkan insert gambar, mereka juga mengejarkan mengenai hal memperbesar dan memperkecil suatu gambar yang telah diinsert pada microsoft word. Namun, untuk insert gambar kebanyakan dari para peserta belum mengetahui tentang hal tersebut.

Setelah para pengajar mengajarkan mengenai mengambil sebuah gambar pada internet, pengajar juga memberitahu cara lain mengambil sebuah gambar yang telah disediakan pada clipart atau yang telah disediakan dari microsoft word. Kemudian dilanjutkan dengan mengajarkan bagaimana cara memasukan suatu gambar ditengah-tengah antara tulisan. Dalam hal memasukan suatu gambar ditengah-tengah antara tulisan kebanyakan dari para peserta belum memahami dan mengetahui tentang hal tersebut, dan para peserta lebih banyak bertanya dalam hal tersebut.

Kemudian proses pelatihan dilanjutkan dengan mengajarkan cara menulis huruf depan agar berubah menjadi huruf besar atau yang dikenal sebagai Drop Cap. Bertujuan untuk agar tulisan atau karangan yang dibuat menjadi lebih menarik. Setelah mengajarkan mengenai Drop Cap, para pengajar pun mengajarkan bagaimana membuat sebuah table yang bertujuan apabila para peserta ingin membuat sebuah daftar atau list akan terlihat lebih rapih jika menggunakan table. Setelah itu, para pengajar mengajarkan bagaimana cara menambahkan dan menggambungkan suatu kolom pada table. Kemudian dilanjutkan dengan mengajarkan bagaimana cara mengatur posisi tulisan dalam suatu table dan memberikan warna pada table. Materi terakhir yang diberikan kepada para peserta yaitu mengenai bagaimana cara membagi suatu kolom menjadi dua.

Setelah semua materi yang diberikan, para peserta diminta untuk mengerjakan suatu soal yang telah disediakan. Soal tersebut mengenai materi yang telah diajarkan dalam sesi kedua.

[supsystic-gallery id=’5′]

Ditulis oleh;

Desty nurannisa – 1801442331
Mila rosalina – 1801407240
Fitriyani – 1801422576