Review terhadap produk Zee Ou Dee UKM Binaan ComDev

Selasa (7/2/2017) – Wedang kunyit + rosela adalah minuman yang terbuat dari bahan dasar kunyit yang ditambahkan bunga rosela. Dalam bahasa Jawa, wedang sendiri berarti minuman yang disajikan hangat. Wedang kunyit instant ini berbahan dasar rimpang kunyit, gula pasir, bunga rosella, serai, kapulaga, kayu manis, cengkeh, daun pandan dan garam.

Seluruh bahan tersebut dikeringkan kemudian dihaluskan kecuali bunga rosela. Bahan bahan tersebut dikemas di dalam sachet kemudian di kemas lagi dalam satu paket yang berisi 5 sachet. Wedang kunyit + rosela ini diseduh di dalam cangkir air panas bersuhu sekitar 80 derajat celcius dengan jumlah air sebanyak kurang lebih 250 cc.

Berdasarkan hasil uji coba yang penulis lakukan dari aromanya minuman ini berbau aroma kunyit yang kuat, sedangkan aroma dari kapulaga, serai, kayu manis, cengkeh, serta pandan tidak tercium. Rasa dari minuman ini bila langsung diminum akan terasa manis, tetapi bila didiamkan sejenak akan timbul rasa asam dari bunga rosela nya. Wedang ini berwarna kuning tua.

Saran dari penulis adalah :

  1. Dicantumkan jumlah air yang disarankan untuk pembuatan wedang kunyit ini
  2.  Aroma dari bahan bahan yang lain seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, pandan tidak muncul.
  3. Bunga rosela sebaiknya dihaluskan dengan bahan lain sehingga pada saat diseduh bunga rosela tersebut tidak muncul dalam bentuk utuh.
  4. Kemasan yang di pakai sebaiknya lebih rapat dan tidak mudah bocor.
  5. Ditambahkan juga informasi takaran saji dan informasi nilai gizi di kemasan minuman ini.