Membuat Email di Yahoo/Gmail & Surat Menyurat Melalui Email

Pemanfaatan teknologi infomasi seperti komputer dan internet, saat ini sudah menjadi keharusan dan kebutuhan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam kemiliteran. Semua kegiatan yang terkait dengan kemiliteran sudah menggunakan komputer dengan memanfaatkan internet.   Pemanfaatan Internet di dunia kemiliteran digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk memudahkan proses komunikasi dan korespondensi  melalui email.

Saat ini komunikasi atau proses surat menyurat, termasuk diintansi militer hamper semuanya menggunakan email. Tidak ada lagi surat menyurat yang dilakukan memalui moda lama seperti kantor pos.  Begitu juga yang terjadi di instansi militer seperti Batalyon Arhanud I Serpong, Tangerang Banten. Di sini, komunikasi surat menyurat antara atasan dan bawahan, bawahan dengan atasan, antar anggota batalyon, anggota batalyon yang sedang tugas ke daerah dengan keluarga, proses surat menyurat, korespondensi semuanya dilakukan melalui email.  Keadaan dan kondisi tersebut mengharuskan semua anggota Batalyon Arhanud mempunyai akun email.

Akan tetapi masalah yang muncul, tidak semua anggota Batalyon dengan cepat belajar sendiri membuat akun email di layanan email gratis seperti Yahoo/Gmail dan layanan lainnya.  Dalam praktiknya, tidak sedikit yang membutuhkan semacam bimbingan dan bantuan untuk membuat akun email di layanan yang sudah tersedia.

Selain itu, setelah bisa membuat akun email, ternyata untuk menulis surat melalui email juga membutuhkan bantuan dan petunjuk serta latihan. Tujuannya untuk membiasakan mereka mengenal tols, icon, bar dan sejenisnya yang ada di halaman email.

Atas dasar situasi di atas, maka tim dosen dari Universitas Bina Nusantara, yang difasilitasi oleh Teach For Indonesia (TFI) memberikan pelatihan bagaimana membuat akun email dan menulis surat melalui email bagi anggota Batalyon Arhanud I Serpong, Tangerang Banten.

Kegiatan ini memberikan dasar pengetahuan dan praktik tentang bagaimana membuat akun email, bagaimana menulis surat melalui email. Kegiatan ini juga sebagai pendorong kepada anggota Batalyon Arhanud  I Serpong, Tangerang Banten untuk lebih rajin dan semangat lagi dalam belajar menggunakan email.

Tujuan Pengabdian,

Pengabdian pada masyarakat kepada anggota Batalyon Arhanud I Serpong Tangerang Banten bertujuan untuk:

  1. Memberikan dasar-dasar ketrampilan tentang membuat akun email di layanan email seperti Gmail dan Yahoo.
  2. Memberi bimbingan dan pendampingan tentang bagaimana menulis surat melalui email kepada kepada anggota Batalyon Arhanud I Serpong, Tangerang Banten.

Manfaat Pengabdian

Pelaksanaan pengabdian ini dimaksudkan untuk:

  1. Manfaat Akademik

Menjadi bahan masukan untuk mata kuliah pengenalan komputer, terutama tentang bagaimana memanfaatkan email.

  1. Manfaat Praktis

Memberi masukan dan ketrampilan kepada para peserta pelatihan tentang bagaimana membuat akun email dan menulis surat melalu email untuk keperluan anggota Batalyon Arhanud I Serpong Tangerang Banten, baik untuk keperluan dinas maupun keperluan pribadi.

  1. Manfaat Umum

Memberikan masukan dan wawasan tentang manfaat dan kegunaan email  dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dinas kemiliteran.

Metode yang diterapkan

Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan presentasi, diskusi interaktif dan praktik langsung membuat akun email dan menulis surat melalui email di depan komputer.  Satu peserta satu komputer.  Setelah mendapatkan penjelasan tentang bagaimana membuat akun email, peserta kemudian mempraktekan membuat akun email di komputer yang sudah terhubung dengan internet. Selama peserta praktik membuat akun email dan menulis surat melalui email, instruktur mendampingi mereka dan menjawab segala pertanyaan yang diajukan peserta jika mengalami kesulitan.

Target dari pelatihan ini adalah peserta bisa membuat akun email dan menulis surat melalui email.

Kendala Pelaksanaan

Tidak ditemukan adanya kendala dalam pelatihan ini.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

 Kesimpulan

Setelah pelaksanaan pengabdian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Yang dibutuhkan peserta pelatihan adalah lebih banyak praktik menulis surat melalui email, agar terbiasa dan semakin terlatih.
  2. Peserta perlu banyak berlatih menggunakan berbagai tols yang ada di halaman email agar di dalam menulis surat menjadi lebih enarik dan lebih lancar.

Saran

Saran bagi  pelaksanaan  pengabdian  pada masyarakat ini antara lain:

  1. Saran Akademik

Perlu dibuat buku panduan bagaimana membuat akun email dan menulis surety lewat email bagi anggota Batalyon Arhanud I Serpong yang belum paham tentang bagaimana membuat akun email dan berkirim surat lewat email.

  1. Saran Praktis
  • Perlu ada tambahan waktu, atau waktu khusus untuk pelatihan membuat akun email dan menulis surat melalui email.