UX Research in Product Development

UX research adalah riset mengenai user experience (pengalaman pengguna). UX research sangat berkaitan dengan customer experience (CX) yang sangat penting dalam customer acquisition maupun retention. Hasil riset menunjukkan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan customer jauh lebih kecil daripada biaya yang dikeluarkan untuk customer acquisition. Untuk mempertahankan customer, diperlukan customer experience yang baik. CX dipengaruhi oleh 4 faktor: sales, marketing, product, dan support. Keempat faktor ini berpengaruh dalam customer journey, yang terdiri dari: customer starts looking for product, customer tests product, customer buys product, customer uses product, customer has issue with product, dan customer renews product. Product development dapat dilakukan dalam 3 cara: pembuatan produk baru, modifikasi produk, dan membuat produk yang sama tetapi dengan kualitas yang lebih baik. Proses product development terdiri dari: idea generation, screening, research, design, testing, dan launch. Research dapat dilakukan secara kualitatif dengan meng-interview beberapa orang dan menyelidiki kebutuhan mereka dan apa yang mereka suka dan tidak suka.

Email: arfika.nurhudatiana@binus.ac.id

Keywords: user experience (UX), customer experience (CX), product development, UX research

Arfika Nurhudatiana
NIDN: 0318058501
Kode Dosen: D5341