Ubah Scrolling Jadi Duit, UMKM Banjardowo Mengikuti Pembinaan Digital Marketing Yang Diselenggarakan Binus

Semarang, 18 Juni 2022 – Saat ini, media sosial menjadi hal yang familiar di masyarakat. Sepanjang hari media sosial masyarakat membuka media sosial untuk menemani keseharian aktivitasnya. Media sosial seperti sebuah dunia baru yang menawarkan banyak hal secara bersamaan kepada para penggunannya. Tahun ke tahun bermunculan semakin banyak platform media sosial seperti Facebook, TikTok, Twitter, WeChat, dll. Media sosial membantu menghubungkan para penggunanya untuk bisa saling mengekspresikan diri dan mengembangkan kreativitas. Pertukaran informasi antar pengguna media sosial baik berupa pertukaran informasi, opini, video dan cerita menjadi mudah untuk dilakukan tanpa terkendala waktu dan jarak. Pengguna media sosial seperti terhipnotis untuk scrolling atau berselancar di dunia media sosial selama berjam-jam. Menurut data Hootsuite, masyarakat Indonesia di tahun 2021 rata-rata menghabiskan waktu 8 – 9 jam untuk menelusuri berbagai platform media sosial.

Media sosial kini merambah ke berbagai sector, bukan hanya sebagai media penghubung antar pengguna saja namun juga untuk menjalin bisnis dengan berbagai kalangan secara global melalui internet. Dengan keunggulan sebagai media pertukaran informasi, maka membuka peluang bagi UMKM untuk dapat meraup keuntungan lebih besar melalui promosi media sosial dan penjualan di marketplace.

Sebagai bentuk kepedulian Universitas Binus dalam pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, maka pada tanggal 18 sampai 19 Mei 2022 diadakan rangkaian kegiatan dan pelatihan “UMKM Go Digital”.  Melalui kemitraan yang terjalin antara Binus dengan Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Tengah, Binus melalui Binus Semarang dan tim Community Development Academic berkomitmen untuk menggerakan UMKM Semarang, khususnya Banjardowo untuk lebih meningkatkan ketrampilan pelaku UMKM dalam bidang teknologi informasi dan pemasaran media sosial.

Untuk bisa menghasilkan konten media sosial yang baik, maka pelaku UMKM bisa mengikuti tips membuat konten promosi media sosial yang disampaikan oleh Ibu Violitta Yesmaya, S.Kom, M.T.I dalam pembinaan UMKM Banjardowo tanggal 18 Mei 2022 yang bertajuk “SMES Go Digital” sebagai berikut:

  1. Gunakan teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dari brand-brand yang memiliki konten menarik dalam pembuatan konten media sosial
  2. Buat konten tentang keunggulan dan manfaat produk terhadap pembeli, bisa juga membuat konten yang berisi tentang life hack atau tips menggunakan produk yang sesuai
  3. Bagikan informasi promo toko di marketplace dan ajak calon pembeli mengunjungi toko online
  4. Bangun interaksi dengan pembeli loyal dan follower media sosial kita
  5. Berikan hadiah atau promosi untuk menarik minat calon pembeli

Dengan pemanfaatan platform media sosial yang tepat, UMKM bisa semakin mempromosikan produknya dan mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi. Kesuksesan program ini merupakan konsesus BINUS dalam menggerakan pembangunan ekonomi berkelanjutan masyarakat Indonesia. (PUTI)