Binus University Membagikan Paket Sembako Di Kecamatan Koroncong Dalam Program Kegiatan Gizi Nasional

Jakarta, 30-31 Maret 2022– Binus University melalui Community Development Academy dan Rotary Spirit membagikan ratusan paket sembako kepada para ibu hamil dan anak balita dalam kunjungannya ke Kecamatan Koroncong. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung gerakan gizi nasional yang dicanangkan pemerintah yang bertujuan untuk memngurangi angka sunting anak Indonesia, khususnya di Kecamatan Koroncong, Kabupaten Pandeglang, Banten

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 30-31 Maret 2022 ini, Binus University membagikan 300 paket susu untuk balita dan ibu hamil, 100 paket sembako berisi beras, minyak goreng, teh, gula kepada masyarakat Kecamatan Koroncong dan sekitarnya. Menurut Ibu Retno Dewanti, selaku Community Development Academic Binus, menyatakan tim Community Development dan tim dosen Binus University selama dua tahun berturut-turut akan terus mendampingi dan memonitor pertumbuhan anak dan perkembangan gizi masyarakat Koroncong sebagai upaya dalam menurunkan angka stunting pada anak Indonesia.

Stunting merupakan kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak.  Stunting memiliki banyak dampak buruk bagi pertumbuhan untuk anak. Suatu wilayah dianggap kronis malnutrisi atau kronis gizi buruk apabila mencapai angka 20%. Sementara itu, Kementrian Kesehatan RI mencatat angka stunting di Indonesia telah melebihi batas 20% yang ditetapkan WHO.

Untuk itu melalui pembagian paket sembako tersebut diharapkan dapat mengurangi angka stunting di Kecamatan Koroncong dan membantu para ibu dan calon ibu agar dapat memberikan makanan dengan asupan gizi yang sesuai standar kesehatan anak untuk para buah hatinya. Dalam kegiatan ini juga Binus University memberikan penyuluhan mengenai kebersihan lingkungan dan penyelenggaraan fasilitas sanitasi yang sehat dan bersih yang dibawakan oleh tim dosen dari Jurusan Teknologi Pangan (Food Technology, Faculty of Engineering) Binus University, antara lain:

  • Diana Lo, S.TP, M.Sc, Ph.D
  • Ervina, S. Gz, M.Sc.
  • Andreas Romulo, S.TP., M.Sc., Ph.D.

Sejalan dengan Catur Darma Perguruan Tinggi (yaitu Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengembangan Diri) kegiatan pembagian sembako yang diselenggarakan di Kecamatan Koroncong tersebut menjadi fokus Binus university dalam pembangunan kesejahteraan dan peningkatan mutu kesehatan ibu dan anak Indonesia sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

(PUTI)