Pembinaan Bina Nusantara Terhadap UMKM Kelurahan Banjardowo Untuk Menghadapi Pandemi Covid-19

Semarang, 18 Juni 2022– Pada tahun 2019, dunia menghadapi ancaman tersebar yaitu pandemi Covid-19. Pandemi ini meluluhlantahkan perekonomian dunia, tidak terkecuali Indonesia. Banyak pelaku usaha di berbagai sector industry penopang perekenomian negara yang terpaksa gulung tikar.  Pandemi Covid-19 telah membuat mayoritas sektor ekonomi terutama UMKM menjadi stagnan. Pelaku usaha baik usaha makro maupun usaha mikro (UMKM) yang bertahan dihadapkan pada keputusan sulit untuk vakum atau bertahan namun dengan kondisi yang tidak lagi sama. Pelaku UMKM yang tidak bisa berkembang dan banyak yang berakhir pada kebangkrutan.

Kemampuan UMKM bertahan dalam setiap kondisi, harus didukung kemampuan untuk dapat mengembangkan diri dengan meningkatkan kualitasnya. Upaya pengembangan UMKM dibutuhkan agar UMKM bisa lebih maju dan mampu keluar dari permasalahan yang dihadapi dalam kondisi sesulit apapun dengan mengubah strategi dan model. Pelaku usaha UMKM mengubah strategi penjualan melalui skema digitalisasi, yakni dengan memanfaatkan marketplace dan menggunakan media sosial sebagai teknik pemasaran. Skema pengembangan UMKM digital tersebut dapat menjadi salah satu alternatif menyelamatkan pelaku usaha di tengah pandemi covid-19.

Untuk menjawab kekhawatiran tersebut, Bina Nusantara (Binus) bekerja sama dengan Kelurahan Banjardowo, Kota Semarang dan Dewan Koperasi Wilayah Jawa Tengah melakukan pembinaan UMKM di bidang teknologi dan komunikasi. Melalui program pelatihan dan pendampingan UMKM yang bertajuk “UMKM Go Digital”, BINUS mengajak warga Kelurahan Banjardowo untuk dapat lebih memahami dan mengenal lebih dalam digitalisasi dan teknik pemasaran melalui media sosial agar UMKM, khususnya di Kelurahan Banjardowo bisa bertahan dan bangkit kembali dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menurut Bapak Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP, kegiatan ini sebagai bentuk Binus dalam mendukung pembangunan seluruh komunitas Semarang melalui pelaksanaan langsung visi Binus Fostering dan Empowering Society, dengan terus berupaya melakukan pembangunan secara berkelanjutan kepada masyarakat sebagai bagian dari bentuk catur darma pengabdian kepada masyarakat.

Pelatihan dan pembinaan UMKM Go Digital ini merupakan kegiatan perdana yang akan dilanjutkan terus sebagai bentuk empowering Binus dalam upaya membangun pembagunan perekonomian bangsa untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. (PUTI)