Pengenalan Ketrampilan Digital, Kontribusi Binus Semarang Untuk Pembangunan UMKM “Go Digital”

Semarang, 18 Juni 2022 – Program Binus Support Semarang merupakan program dari Binus University untuk pengembangan ekonomi masyarakat melalui pembangunan UMKM terpadu di kota Semarang, khususunya di Kelurahan Banjardowo, Kecamatan Genuk.

Pelatihan ketrampilan yang diprakarsai oleh Tim Community Development Academic Binus ini berlangsung dari tanggal 18-19 Mei 2022 dan bertempat di area Kelurahan Banjardowo. Kepala Desa Kelurahan Banjardowo dalam wawancaranya dengan Binus TV menyatakan harapannya melalui pembimbingan dan dukungan yang diberikan Binus, UMKM bisa menjadi lebih baik dalam bidang pemanfaatan teknologi dan informasi agar bisa bersaing di persaingan global.

Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Retno Dewanti, S.Si, M.M, Ph.D, selaku Manajer Community Development Academic Binus dalam bukunya bertajuk “Pemasaran Nilai-Nilai Desa Wisata Berbasis Komunitas” bahwa teknologi informasi telah membuka jalan bagi bisnis wisata untuk tidak oleh batas area tapi bisa mencapai globalisasi bisnis yang luas tanpa batas wilayah, maka pelatihan dan pembimbingan UMKM Go Digital yang diselenggarakan ini diharapkan dapat memberikan kemampuan UMKM dalam bersaing baik secara produk maupun teknologi dengan UMKM lain secara global. Pengenalan ketrampilan digital kepada UMKM ini sesuai dengan visi Binus yaitu Fostering and Empowering yang mengacu pada pembangunan keberlanjutan bagi para pelaku UMKM di Indonesia sebagai motor penggerak ekonomi bangsa. (PUTI)