Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Sejalan dengan Dukungan Terhadap Peningkatan Pendidikan

Jakarta, 10 September 2022– Mutu pendidikan seringkali mempengaruhi pembangunan mutu sumber daya manusia suatu negara. Mutu sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul memiliki andil yang besar dalam pembangunan nasional untuk memajukan bangsa. Melalui pembangunan pendidikan berkualitas, diharapkan lahir generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter yang mampu bersaing agar dapat menyesuaikan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs) era globalisasi. Untuk dapat mencapai tujuan SDGs No. 04 tersebut, maka seharusnya semua pihak baik Pemerintah sebagai penentu keputusan dan kebijakan, maupun insitusi pendidikan sebagai sarana penyelenggara pedidikan saling berkerjasama dalam upaya menghasilkan pendidikan berkualitas.

 

Sistem pendidikan diharapkan mampu mengubah pola pikir anak bangsa dan pendidikan inovatif untuk dapat mendorong kreativitas dan daya inovatif generasi muda Indonesia. Generasi muda sebagai agent of change pemerkasa inovasi, dapat memberikan kontribusi penting dan signifikan untuk menerapkan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan yang aplikatif untuk dapat menciptakan perubahan nyata. Berdasarkan hal diatas, tujuan pendidikan pun akan menjadi tumpuan upaya pemerintah untuk mendorong pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan dalam era Sustainable Development Goals (SDGs) hingga 2030 berdasarkan arahan dari Forum PBB yang telah disepakati pada tanggal 2 Agustus 2015 untuk dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia.

Untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia dalam persaingan gloal, institusi pendidikan diharapkan mampu menunjukkan kontribusi penyelenggaraan pendidikan berberkualitas dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Hal tersebut sesuai dengan nilai Binus University yang selalu berusaha mewujudkan pembangunan SDM secara berkesinambungan melalui program Fostering and Empowering. Melalui kegiatan International Binus Community Development Webinar 2022, sebagai salah satu bukti dukungan Binus University terhadap pendidikan berkualitas untuk mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Webinar internasional yang diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus ini bertema Global SDGs Best Practices in Empowering the Society, dan mengambil focus pada 4 tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs) antara lain:

  1. Kesetaraan Gender (Gender Equality)
  2. Pendidikan Berkualitas (Quality Education)
  3. Pembangunan Ekonomi (Economic Development)
  4. Kemitraan Global (Global Partnership)

Pada webinar dengan focus tujuan SDGs Pendidikan Berkualitas (Quality Education), pembahasan materi terkait meningkatkan hasil pendidikan dengan tidak menekankan hanya pada aspek kognitif pengajaran tetapi pada pengembangan spiritual dan budaya. Sistem pendidikan kurikulum sekolah dapat dibuat secara menarik dan relevan dengan memilih permasalahan yang terjadi dan berusaha mencari solusi kreatif dari permasalahan tersebut. Materi pendidikan berkualitas dibawakan secara apik oleh para srikandi Indonesia yang telah berhasil memberikan kontribusi dalam pembangunan berkelanjutan dalam skala nasional maupun internasional, mereka adalah:

  1. Tara Farina Srihadi, M.Sc. (Binus University)
  2. Gemma Galera (San Lorenzo Ruiz School, Philipine)
  3. Tara Farina Srihadi, M.Sc. (Binus University).

Untuk mencapai terintegrasinya tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) maka diperlukan peningkatan dukungan dari semua pihak, baik local, nasional maupun internasional agar dapat memenuhi perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan terciptanya pendidikan yang berkualitas maka diharapkan dapat memunculkan generasi yang berkualitas. Penyelenggaraan pendidikan yang bermutu disetiap negara akan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul, inovatif dan berdaya saing global (PUTI)