Pengenalan Kewirausahaan Penting Ditanamkan Untuk Generasi Milenial

Jakarta, 8 September 2022- Generasi milenial merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki potensi besar dalam pembangunan SDM Indonesia yang kompeten dan mandiri. Salah satu softskill yang penting untuk pembangunan bangsa dan negara adalah kemampuan Entrepreneur atau Kewirausahaan. Untuk menghadapi berbagai krisis ekonomi yang terjadi, generasi muda sebisa mungkin memiliki ketrampilan untuk dapat bertahan dengan meningkatkan kualitas diri melalui pengetahuan kewirausahaan. Generasi muda diharapkan dapat menjadi seorang wirausahawan (Entrepreneur) yang terdidik dan terlatih dalam menghadapi tantangan serta mampu mencari peluang bisnis yang ada merupakan suatu alternatif yang menguntungkan bagi para mahasiswa untuk diterapkan dalam kehidupan nyata.

Peningkatan mental generasi milenial dalam berwirausaha merupakan salah satu cara untuk membangun jiwa entrepreneur yang tangguh. Dengan memahami strategi wirausaha yang baik maka generasi muda dapat berani terjun ke dalam dunia usaha dan tidak takut dalam menghadapi persaingan bisnis yang saat ini bukan hanya antar daerah di Indonesia tapi juga persaingan bisnis secara global. Sebenarnya, persaingan usaha terjadi bukan untuk saling menjatuhkan antar pengusaha, sebaliknya persaingan usaha dimaksudkan untuk lebih memotivasi para pengusaha dari generasi muda untuk dapat lebih berinovasi dalam hasil produksi,distribusi,dan pemasarannya. Dengan semakin besarnya minat generasi muda berwirausaha akan membawa kontribusi dalam menekan jumlah pengangguran di Indonesia dan dapat meningkatkan pembangunan ekonomi bangsa dan negara.

Dengan menyadari pentingnya generasi muda mengenal dan memahami kewirausahaan, maka sebagai bentuk Empowering Society, Binus University melalui divisi Commuity Development Academic (CDA) menyelenggarakan kegiatan PKM Pelatihan Kewirausahaan di SMAN 35 di daerah Karet Tengsin untuk para siswa dan guru di SMAN 35 tersebut. Dalam kegiatan tersebut, CDA Binus University menggandeng beberapa dosen dari Program Studi Manajemen untuk memberikan materi terkait kewirausahaan, diantaranya:

  • Tinjung Desy Nursanti, S.E., M.Si;
  • Drs. Cecep Hidayat, M.Si;
  • Sambudi Hamali, S.T, M.M, CPLM;
  • R.A. Aryanti Wardaya Puspokusumo, B.Sc, M.B.M, CPLM;
  • Erlina Dwi Ratna Sari, SE, MM;
  • Adi Teguh Suprapto, S.E., MM;
  • Mulyono, S.E., M.M;
  • Mulyono, S.E., M.M; dan
  • Rosidah, S.Psi., MBA, PhD

 

Pelatihan kewirausahaan di SMAN 35 ini bertujuan untuk:

  1. Mengembangkan minat dan motivasi generasi milenial, khususnya para siswa SMAN 35 untuk dapat terjun ke dunia kewirausahaan
  2. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan tata kelola usaha, produksi, pemasaran serta kemitraan dalam bisnis,
  3. Mengembangkan kemampuan wirausaha generasi muda dalam upaya pengembangan kewirausahaan di kalangan pemuda.

 

Secara umum, pelatihan kewirausahaan ini bertujuan untuk dapat membangkitkan motivasi berwirusaha dan membantu pemuda menemukan ide-ide usaha dan merancang sebuah rencana usaha sehingga kedepannya para generasi muda dapat membangun perekonomian bangsa dan negara.  (PUTI)