Memaknai Semangat Sumpah Pemuda Bersama UMKM

Peristiwa Sumpah Pemuda yang berlangsung tanggal 28 Oktober 1928 menjadi momen bersejarah dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Kesadaran membangun kekuatan bangsa dengan eratnya persatuan dan kesatuan merupakan tuntutan mutlak. Pemuda memiliki potensi merangkul segenap elemen kebangsaan dalam bentuk persatuan dan kesatuan dalam bentuk prestasi serta implementasi kreativitas kesenian dan kebudayaan Indonesia.

Momen Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober juga beririsan dengan Peringatan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Peringatan Hari Batik ini bertepatan dengan ditetapkannya batik pada tahun 2009 sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) negara Indonesia pada sidang UNESCO di Abu Dhabi. Budaya bangsa Indonesia yang kaya mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisional dengan kekhususannya sendiri. Dengan semakin kayanya budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, maka diharapkan juga akan memperkaya kreatifitas generasi muda untuk aktif berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi bangsa melalui pendirian usaha di bidang Industri Kreatif, khususnya UMKM dengan produk utama kerajinan dan kesenian khas Indonesia seperti kain batik. Sebagai bentuk rasa cinta terhadap budaya dan pembangunan ekonomi bangsa melalui pelestarian kriya Indonesia maka Community Development Academic (CDA) Binus University memperingati hari Sumpah Pemuda dengan tema “Cinta Budaya Membangun Negeri Dalam Pengembangan UMKM Melalui Kewirausahaan Digital” yang diselenggarakan pada 28 Oktober 2022 di lounge lantai 8 Binus University, Kampus Anggrek Kemanggisan. Kegiatan yang berlangsung dalam bentuk talkshow ini diisi oleh narasumber yang ahli dibidang kewirausahaan dan industri kreatif, antara lain:

– Kristoforus Fajar Hananto (Public Relation & Media Manager Sayurbox)

– Devy Sofia (CEO Avana)

– Terry Akbar Pamungkas (Direktur CV Tiara Arunika Dinatry (Tiara Batik)

– Hafizhun Alim Tazhiriani (CEO Boxking Ricebox)

– Adhi Bawono S.T., M.M (Dosen Entreprenuership Binus University)

– Ameliya Rosita, SE, MBA, CertDa (Dosen Akuntansi Binus University)

Peserta terdiri dari para penggiat UMKM, komunitas, mahasiswa dan masyarakat umum yang sangat antusias mendengarkan dan berbagi pengalaman dengan narasumber. Kemajuan perekonomian seharusnya selaras bentuk pelestarian seni dan budaya bangsa sebagai identitas Bangsa Indonesia yang tidak pernah melupakan akar budaya bangsa. (RIA)