Pengembangan Wisata dan Budaya di Desa Wisata Binaan, Langkah Konkret Keseriusan Binus University Dalam Menciptakan Masyarakat Desa Yang Mandiri

Jakarta,10 Desember 2022– Dalam upaya konkret untuk membangun Desa Wisata, Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta telah bekerja sama dengan Desa Pasir Mulya selama lima tahun. Pada hari kedua kegiatan ini, Binus University meluaskan kemitraannya untuk mengembangkan Desa wisata dengan menandatangani perjanjian dengan tiga desa lainnya, yaitu Desa Mekar Jaya, Desa Campaka Mulya, dan Desa Banjaran Wetan pada Kamis, 8 Desember 2022.

 

Binus University juga memberikan edukasi kepada masyarakat dengan memberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah, berfikir kreatif, serta memberikan fasilitas berupa enam tenda, panel surya, dan memfasilitasi pembangunan toilet baru.

Retno Dewanti S. Si, MM, Ph. D sebagai Manajer Community Development Academic (CDA) Binus University menyatakan bahwa untuk beberapa program pengabdian kepada masyarakat di Universitas Binus, termasuk Desa Wisata, ia telah bekerja sama dengan Desa Pasir Mulya dalam pengembangan pariwisata selama lima tahun. Berbagai program penyadaran pariwisata PHBS harus dipadukan dan terus digalakkan untuk berdampingan dengan pengembangan desa wisata.

Sebuah inovasi yang tidak hanya akan terus berkembang dengan berbagai desa binaan melalui dukungan kegiatan yang akan berkolaborasi misalnya saja dengan desa Banjaran Wetan, Mekar Jaya dan Campakamulya.  Desa wisata harus dapat saling mendukung, menyokong dan bersinergi untuk menciptakan potensi wisata secara baik dan berkelanjutan kedepannya sehingga masyarakat dapat menjadi desa.harapan dapat mendukung segala pembangunan. (PUTI)