Peningkatan Kualitas Publikasi Akademisi Indonesia Melalui Jurnal Ilmiah Berskala Internasional

 

Jakarta,27 Febuari 2023– Publikasi ilmiah telah menjadi salah satu bentuk kewajiban yang ditetapkan oleh Pemerintah kepada setiap dosen di Indonesia. Perkembangan ilmu pengetahuan membutuhkan media penyampaian informasi yang dapat dijadikan pedoman dasar dalam mengembangkan disiplin ilmu tertentu sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di negeri. Publikasi ilmiah menjadi media pendukung penyampaian informasi yang sejalan dengan program Catur Darma Perguruan Tinggi dimana dosen dapat menuangkan hasil pemikiran, penelitian maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mempublikasikannya dalam berbagai media publikasi ilmiah seperti jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah merupakan publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh lembaga akademik atau organisasi profesi, berisi karya tulis ilmiah secara nyata dan mengandung data dan informasi yang disusun sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah (Hakim, 2012).

Penulisan artikel yang bisa dipublikasi di jurnal bereputasi khususnya jurnal internasional menjadi momok berat bagi dosen atau civitas akademika karena setiap jurnal tersebut memiliki kualitas standar yang tinggi. Menurut Garfield dan Woeljams-Dorof (1992), pengaruh jurnal atau artikel ilmiah terhadap disiplin ilmu dapat diukur melalui tingkat penggunaan artikel tersebut, dimana jumlah artikel yang dirujuk dalam penulisan karya ilmiah maupun karya akademik akan memberi dampak yang semakin besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Terdapat beberapa kendala dalam perkembangan publikasi artikel di Indonesia yang dapat menghambat pertumbuhan atau produktivitas lembaga ilmiah, peneliti atau pakar dalam menerbitkan artikel atau jurnal ilmiah terakreditasi khususnya jurnal dengan skala internsional. Untuk itu, Community Development Academic (CDA) Binus University pada tanggal 27 Febuari 2023 tergerak untuk menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah untuk Publikasi Internasional dengan tema “How to Write an Excellent Community Development Paper and Get It Published in International Journal”.   Kegiatan workshop ini diisi oleh Bapak Dr. Ir. Ford Lumban Gaol, S.Si., M.Kom selaku Head of Computer Science Doctoral Department (Associate) dan Prof. Dr. Ir. Sasmoko, M.Pd., M.A., CIR, IPU selaku Research Interest Group Leader Binus University.

Workshop penulisan jurnal ilmiah ini dilaksanakan secara daring (online) melalui platform aplikasi  tersebut pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dapat membantu dosen atau civitas akademika untuk dapat meningkatkan kualitas paper/jurnal ilmiah pengabdian melalui strategi penulisan Zoom, dengan dihadiri oleh dosen dan civitas dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini lebih difokuskan agar para dosen atau civitas akademik dapat menghasilkan artikel/jurnal hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang memenuhi syarat jurnal terindeks SINTA maupun Scopus.

(PUTI)