Perkuat Bidang STEM, Binus Jalin Kerja Sama dengan Arizona State University

Binus University menjalin kerja sama dengan Arizona State University, Amerika Serikat untuk memperkuat program akademik dalam bidang Science, Technology, Engineering and Math (STEM) di Indonesia. Rektor Binus University Prof Dr Ir Harjanto Prabowo, MM menyatakan kerja sama tersebut yang difasilitasi program kemitraan USAID Higher Education Partnership Initiative (HEPI) akan membangun kapasitas untuk memberdayakan masyarakat dengan fokus pada kurikulum praktis yang memenuhi kebutuhan industri dan STEM. “Tujuannya adalah untuk mempersiapkan generasi penerus pemimpin STEM dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendorong inovasi industri,” ujar Harjanto saat penandatanganan nota kesepahaman di kampus Binus Alam Sutra, Selasa (21/2/2023).

Seremoni penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Vice Rector Research & Technology Transfer Binus University, Prof Tirta Nugraha Mursitama, SSos, MM, PhD dan Jeffrey S. Goss, selaku Associate Vice Provost, Arizona State University. Arizona State University adalah salah satu universitas negeri di AS yang berdiri pada 1885. Jeffrey S Goss mengatakan Arizona State University merupakan universitas paling inovatif nomor satu di Amerika Serikat selama 8 tahun terakhir.  Kampus ini menjalin kerja sama dengan USAID, Binus, dan mitra-mitra universitas lainnya dalam proyek HEPI untuk mengembangkan kemitraan universitas AS dan Indonesia di bidang pendidikan STEM.

“Untuk memajukan tenaga kerja STEM di masa depan melalui keterlibatan fakultas dan mahasiswa,”ujar Jeffrey. Program USAID HEPI dijalankan dalam rangka mendukung konsorsium universitas AS dan Indonesia, pemerintah, dan mitra industri yang bekerja untuk memperkuat program STEM di Indonesia. Program ini akan mengembangkan kurikulum yang terkait dengan industri dan pembelajaran melalui pengalaman, membantu mahasiswa dan mahasiswi mempelajari dan mendaftar ke program gelar akademik internasional yang sesuai, serta memberikan informasi tentang program dan peluang beasiswa dari kementerian pendidikan.

Sebagai universitas mentor, Binus University akan memfasilitasi kelompok kerja dari pemimpin industri, akademik, dan pemerintah untuk memecahkan tantangan dalam pendidikan tinggi dan persiapan tenaga kerja. Dengan dukungan tenaga ahli dari HEPI, Binus akan membimbing universitas untuk meningkatkan kurikulum dan metode pengajaran agar lulusan siap sukses di industri, sesuai dengan standar AS. Adapun Prof Tirta Nugraha mengatakan Binus University sangat progresif mencari peluang menjalin kerja sama dengan sejumlah institusi pendidikan di luar negeri. Dalam waktu dekat kampus swasta ini akan berkolaborasi dengan Concordia University, salah satu universitas negeri di Kanada.  “Dubes Kanada sangat mendorong kerja sama antar institusi pendidikan kedua negara. Selain Concordia University kami juga sedang menjajaki dengan Carleton University di Kanada juga,” ujar guru besar bidang manajemen bisnis internasional Binus University ini.

Sumber: Detik.com https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6584168/perkuat-bidang-stem-binus-jalin-kerja-sama-dengan-arizona-state-university