Mengubah Esok dengan Pembangunan Pemuda demi Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Jakarta, 15 Mei 2023– Tantangan pandemi telah memacu negara untuk menciptakan inovasi dalam pembangunan berkelanjutan. Salah satu contohnya adalah Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh Binus University bekerja sama dengan berbagai Universitas Rejanan yang tergabung dalam Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara (NUNI) . Acara mengusung tema “Transforming Tomorrow: Harnessing the Power of Youth for UN SDGs.” Tujuan dari Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) mencakup berbagai aspek kesejahteraan manusia dan lingkungan, dan mencapainya memerlukan usaha kolektif dari seluruh dunia. Di sinilah Seminar Internasional ini hadir dengan fokus pada kekuatan yang paling dinamis dan berpengaruh yaitu Pembangunan pemuda.

Acara ini akan menampilkan pembicara terkemuka, tidak hanya dari Universitas di Indonesia (seperti Binus University, Unika Atma Jaya, Universitas Andalas, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, UIN, Unika Petra, Unika Soegijapranata, Unika Satya Wacana dan Universitas Surabaya) tetapi juga dari universitas mitra di luar negeri (seperti Chung Yuan Christian University, Universiti Kuala Lumpur, Universiteit Leiden, Hokusei Gakuen University, University of Guam (USA), Mahidol University, dll). Kolaborasi ini memperkaya wacana dengan menggabungkan sudut pandang dan pengalaman yang beragam dari berbagai Universitas baik dalam maupun luar negeri.

Sumber: nuni.mobi

Kekuatan penggerak di balik Seminar Internasional ini adalah menjelajahi kekuatan transformatif yang dimiliki individu muda. Pemuda memiliki kapasitas luar biasa untuk mendorong perubahan, mulai dari advokasi tindakan iklim hingga memajukan inklusivitas sosial dan pendidikan berkualitas. Energi dan gagasan segar mereka sangat berharga dalam upaya mencapai UN SDGs. Seminar ini akan mencakup beragam topik, termasuk inovasi industry, energi terbarukan, pembangunan pemuda sebagai pemimpin masa depan, serta topik menarik lainnya yang sesuai dengan pedoman Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Sumber: nuni.mobi

Seminar yang berlangsung secara online ini diisi dengan ddiskusi mendalam, wawasan dari para ahli, dan solusi praktis yang memberdayakan pemuda untuk berperan aktif dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Dalam era dunia yang semakin terhubung, kolaborasi internasional seperti yang diselenggarakan oleh Binus University dan NUNI menjadi sangat penting. Berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik melintasi batas negara menciptakan dasar yang subur untuk membina komunitas global yang berdedikasi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Ini adalah pengingat bahwa masa depan ada di tangan pemuda, dan kekuatan mereka dapat dimanfaatkan untuk mengubah esok sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan antusiasme, inovasi, dan determinasi pemuda. (PUTI)