Edelweiss Si Bunga Abadi Lambang Keindahan Desa Wonokitri Yang Mempesona

Jakarta,7 Juni 2023– Desa Wonokitri merupakan sebuah desa yang terletak di kawasan Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Desa ini terkenal sebagai daerah pendukung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta pejabat Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo telah mengesahkan status desa ini sebagai daerah wisata. Desa Wisata Edelweiss Wonokitori merupakan satu-satunya desa wisata yang menampilkan bunga edelweiss, salah satu tanaman yang dilindungi undang-undang.

Budidaya bunga edelweiss ini erat kaitannya dengan budaya masyarakat desa Wonokitri yang menganggap bunga edelweiss sakral serta memanfaatkan bunga edelweiss tersebut dalam beberapa upacara adat. Konservasi bunga edelweiss ini menarik minat wisatawan dari luar desa Wonokitri sehingga mendorong pembangunan pariwisata alam di desa tersebut.

 

Desa Wonokitri menyajikan beragam kecantikan alam yang memukau. Di desa ini, wisatawan dapat menikmati keindahan panorama kebun Edelweis yang luas, berpose di depan latar belakang kebun bunga edelweiss, serta mempelajari teknik bercocok tanam dan perawatan bunga edelweiss secara langsung dari petani yang mengelola kebun tersebut. Wisatawan yang berkunjung juga dapat mempelajari tentang budidaya edelweiss, sehingga mereka dapat lebih menghargai pentingnya pelestarian bunga edelweiss ini.

Keindahan alam di Desa Wonokitri tersebut berhasil menjadikan Desa Wonokitri sebagai salah satu dari 300 desa wisata dari Kemenparekraf (Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia) pada tahun 2022. Binus University melalui divisi Community Development Academic (CDA) dan Kemenparekraf RI mengembangkan program pengembangan potensi pariwisata di Desa Wonokitri melalui beberapa rencana kegiatan antara lain membuat strategi wisata Desa Podokoyo yang mempertimbangkan prinsip CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), membantu pembangunan SDM pariwisata yang berkualitas, membuat perencanaan atraksi wisata lainya untuk menambah keunggulan wisata di Desa Wonokitri. Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Binus University ini merupakan cikal bakal pengembangan wisata yang berkelanjutan di Desa Wonokitri sehingga diharapkan dapat menumbuhkan segala potensi wisata yang ada khususnya di Desa Wonokitri. (PUTI).