“Lapak Fair 2023” Binus University Mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Inovasi dan Kewirausahaan

Jakarta,16 Juni 2023– Binus University acara Lapak Fair 2023 pada tanggal 13-16 Juni 2023. Acara yang merupakan kolaborasi antara unit Community Development Academic (CDA) dan unit Teach for Indonesia (TFI) ini memiliki tema dengan tema “Membangun Ketahanan UMKM.” Acara ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna memperluas jangkauan pasar mereka dan mendorong perkembangan bisnis para pelaku UMKM.

UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. Para pelaku UMKM bisa disebut sebagai tulang punggung perekonomian dalam menciptakan lapangan kerja, menggerakkan pertumbuhan ekonomi lokal, dan melestarikan keanekaragaman budaya. Namun, berbagai tantangan juga harus dihadapi oleh para UMKM, termasuk akses terbatas ke pasar, keterbatasan modal, serta kurangnya pengetahuan tentang teknologi dan strategi pemasaran.

Untuk membantu UMKM dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut, maka Binus University menyelenggarakan Lapak Fair 2023 dengan bertujuan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut yaitu melalui penyediaan platform interaktif bagi para UMKM untuk berinteraksi langsung dengan konsumen melalui rangkaian acara bazaar dan pameran produk UMKM. Para pelaku UMKM akan diberikan kesempatan untuk memamerkan produk dan jasa mereka kepada pengunjung yang beragam. Selain itu melalui acara Lapak Fair 2023, pelaku UMKM juga akan bisa saling berkordinasi dan mengembangkan produknya dengan pelaku UMKM lainnya yang ikut serta dalam acara bazaar ini.

Pada acara Lapak Fair 2023 juga terdapat ada sesi sharing dengan Bapak Dr. Suyud Margono, SH., M.Hum., FCIArb selaku Ketua Umum Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI) yang memberikan wawasan tentang pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kepada para pelaku UMKM peserta bazaar Lapak Fair.

Lapak Fair 2023 adalah kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan pengetahuan baru, memperluas jaringan, dan meningkatkan keterampilan bisnis mereka. Dengan adanya dukungan dari Binus University maka diharapkan UMKM dapat berkembang secara berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja, dan menjadi motor penggerak ekonomi yang kuat di Indonesia.  (PUTI)