Membangun Masyarakat Desa Yang Sehat Melalui Kegiatan Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat Desa Sukamulya

Jakarta,5 Juni 2023– Desa Sukamulya terbentuk sebagai desa baru setelah pemisahan dari Desa Sukamakmur yang sebelumnya berada di Kecamatan Jonggol. Pada tahun 1970, Desa Sukamakmur dibagi menjadi dua, yakni Desa Sukamakmur dan Desa Sukamulya. Desa Sukamulya terletak di daerah perbukitan dan pegunungan di daerah Bogor, Jawa Barat. Sebagian besar masyarakat di desa ini bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Pemerintah desa Sukamulya dan masyarakat desa sangat menyadari pentingnya Pendidikan sehingga di Desa Sukamulya terdapat 11 sekolah seperti PAUD, SD/MI, SMP, SMA dan beberapa pesantren Kegiatan ekonomi masyarakat desa juga mulai berkembang yang dilihat dengan banyaknya UMKM, warung makan dan took local yang didirikan oleh masyarakat Desa Sukamulya.

 

Binus University selalu berusaha untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program, misalnya saja kegiatan yang dilakukan oleh Program School of Information System dengan melakukan kunjungan ke masyarakat Bogor di desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin untuk menyelenggarakan pengobatan gratis. Kegiatan pengobatan gratis ini dilaksanakan bersama PGTI (Persatuan Gereja Tiong Hua Indonesia) untuk menyediakan dokter dan obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien. Pengobatan gratis dimanfaatkan oleh warga desa Sukamulya untuk mengobati masalah medis yang biasa dialami oleh masyarakat seperti masalah kulit dan hipertensi bagi orang tua.

Selain itu, dari hasil pengamatan masyarakat Desa Sukamulya diketahui masih membutuhkan fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang layak untuk warga. Fasilitas MCK yang tersedia di sana masih berupa bilik yang tidak lebih tinggi dari tinggi orang pada umumnya. Untuk itu diharapkan kedepannya program atau kegiatan social seperti ini akan secara berkelanjutan terus digalakkan oleh Binus University bukan hanya di Desa Sukamulya namun juga pada desa-desa lainnya. (PUTI)