Pengembangan Wisata Hutan Mangrove, Giok Tersembunyi di Tanah Desa Papa Garang, NTT

Jakarta,9 Juni 2023– Hutan Mangrove merupakan hutan yang terdapat di tepi pantai atau muara sungai dan dipengaruhi oleh perubahan pasang surut air laut. Hutan Mangrove di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia, yakni mencapai 25% dari keseluruhan luas Hutan Bakau dunia. Salah satu wilayah yang memiliki Hutan Mangrove adalah Desa Papa Garang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Papagarang berdiri pada tahun 1956, dengan ketinggian±200 meter di atas permukaan laut

Kawasan hutan mangrove di Desa Papagarang saat ini menjadi salah satu lokasi yang diutamakan sebagai tempat wisata. Hutan bakau semakin maju dengan adanya pembangunan pelabuhan di sekitarnya. Dalam rangka untuk pengembangan Desa Wisata Hutan Mangrove di Desa Papagarang, maka Binus University berkerjasama dengan Kemenparekraf membuat beberapa program perencanaan wisata untuk bisa mengoptimalkan pembangunan perekonomian Desa Papa Garang dari sector pariwisata, antara lain: mengobservasi kebutuhan wisatawan dalam mengunjungi  wisata mangrove, melakukan penanaman bibit mangrove, eksplore hutan mangrove menggunakan perahu sampan, mengembangkan wisata kuliner serta membagi pengalaman komunitas kepada wisatawan. Selain itu, dilakukan juga pemasaran paket wisata mangrove dengan menggunakan media pemasaran informasi paket wisata dan menggunakan media social.

Melalui pembangunan destinasi wisata Desa Papa Garang maka akan dapat membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan daya saing di sektor pariwisata. (PUTI)