Peningkatan Literasi Masyarakat Pulau Pramuka melalui Teknologi Digital

Pendampingan bagi para pelaku UMKM di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu dilakukan secara berkelanjutan oleh Community Development Center – Academic Binus University yang berkolaborasi dengan dosen dan mahasiswa. Berbagai kegiatan dilakukan seperti pendampingan dan pelatihan keterampilan yang berfokus pada pengembangan masyarakat secara ekonomi dan sosial. Daya tarik dari Pulau Pramuka salah satunya adalah wisata hutan mangrove yang menjadikan area sekitar terasa sejuk dan tentu saja sebagai sebuah pulau wisata, masyarakat setempat menyediakan sejumlah fasilitas seperti penginapan/homestay, kuliner dan oleh-oleh khas Pulau Pramuka.

Selain kegiatan pengabdian yang dilakukan secara mandiri, Binus University juga dipercaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) untuk melakukan pemberdayaan UMKM di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu melalui program Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan meliputi pelatihan yang dibawakan oleh para narasumber ahli mengenai literasi dalam penggunaan teknologi digital yang dapat mendukung bisnis UMKM masyarakat setempat serta didukung juga dengan pengembangan website pulau wisata Pulau Pramuka yang merupakan hasil karya dosen dan mahasiswa Binus University sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat Pulau Pramuka.

Seperti yang diketahui bahwa Pulau Pramuka merupakan sebuah pulau wisata, maka perlu dipastikan bahwa masyarakat sekitar mampu mengembangkan aset-aset yang mereka miliki dan meningkatkan daya saing seperti memberikan nilai tambah pada produk dan jasa yang ditawarkan, peningkatan kualitas dan strategi promosi. Oleh karena itu, Binus University turut andil dalam misi peningkatan kualitas pulau Pramuka sebagai pulau wisata yang mandiri dan maju. Kegiatan-kegiatan pengembangan seperti workshop tentang pemasaran produk dan jasa UMKM secara digital terus digalakkan. Sebagai penunjang, Binus University juga mendistribusikan beberapa fasilitas yang dapat membantu proses kerja dari para UMKM seperti alat penggiling daging yang diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM yang memproduksi kerupuk ikan. Binus University akan terus melakukan upaya-upaya pemberdayaan di Pulau Pramuka dalam bentuk kegiatan pengabdian dengan melibatkan para dosen, peneliti, mahasiswa dan pemerintah setempat agar dapat menjadi pulau wisata unggulan. (RIA)