Perencanaan Peningkatan Sarana Desa Untuk Mengembangkan Potensi Desa Wisata Pasir Panjang

Jakarta,9 Juni 2023– Suatu desa perlu untuk mengoptimalkan sumber daya alam dan menjaga kelestariannya di wilayah desa, dimana hal tersebut sesuai dengan ketentuan UU nomor 32 tahun 2004 sebagai upaya mempersiapkan desa agar dapat mandiri. Sangat penting untuk melestarikan dan mengembangkan potensi serta kekayaan alam dan budaya yang terdapat di desa. Desa Pasir Panjang merupakan sebuah desa yang menarik bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Keindahan alam, kekayaan budaya, kuliner yang lezat, dan kerajinan tangan yang unik menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang datang ke sana. Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata, Desa Pasir Panjang berinisiatif untuk mengembangkan potensi wisata di desa mereka dan menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik.

 

Desa Pasir Panjang adalah sebuah desa yang terdapat di kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, yang juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Tujuan dari pengembangan desa wisata Pasir Panjang adalah untuk memanfaatkan secara maksimal potensi yang ada di Desa Pasir Panjang dan melindungi kekayaan sumber daya alam yang ada, dengan tujuan untuk mencapai kemakmuran bersama. Pariwisata dijadikan sebagai sektor utama dalam pembangunan. Untuk mewujudkan impelementasi pengemabangan desa wisata Pasir Panjang, Binus University melalui unit Community Development Academic (CDA)  berkerjasama dengan Kemenparekraf dan Pokdarwis Meet Native Rinca Pasir Panjang membuat beberapa program perencanaan pengembangan pariwisata seperti penguatan destinasi berupa penjualan paket wisata, mencari sponsorship untuk pengembangan wisata Desa Pasir Panjang, menyelenggarakan event-event yang menonjolkan budaya desa Pasir Panjang, serta pembuatan penjualan produk wisata khas desa Pasir Panjang. Selain penguatan destinasi, pengembangan usaha hospitality juga digalakan melalui penguatan kelembagaan SDM masyarakat desa dimana masyarakat desa Pasir Panjang dapat mengikuti pelatihan pemandu wisata yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf serta bersinergi bersama Pemerintah Desa dan BUMDES untuk meningkatkan ketrampilan dan skill masayarakat Desa Pasir Panjang di bidang hospitality. Selain itu, penguatan sector pariwisata juga bisa dilakukan melalui penguatan strategi digital marketing dan media social.

Keterangan: Foto Pemberian Bantuan Kostum tari Animal Pop Komodo dari CDA

Diharapkan kedepannya destinasi wisata Desa Pasir Panjang dapat meningkatkan jumlah wisatawan manca negara dan wisatawan lokal yang datang berkunjung sebanyak banyaknya guna mendorong pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan daya saing di sektor pariwisata. (PUTI)