Potensi Pengembangan Desa/Kampung Wangun sebagai Desa Swasembada Wisata

 

Jakarta,5 Juni 2023– Desa Wangun adalah sebuah kampung yang terletak di Desa Pasirmulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Secara geografis, kampung ini berada di bawah kaki Gunung Puntang dengan ketinggian elevasi sebesar 2.223 meter di atas permukaan laut. Bukit-bukit Kampung Wangun memberikan efek unik sekaligus menonjolkan ciri tradisionalnya, sedangkan rimbunnya pohon bambu dan tanaman hias lainnya memberikan efek sejuk. Kampung Wangun juga akan menjadi destinasi wisata pedesaan yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dengan tanaman utama berupa pohon kopi yang lebih dikenal dengan kopi Puntan. Keunikan kopi Arabika Puntang telah menyebar ke seluruh dunia, dan juga berhasil memenangkan peringkat pertama dunia dalam kategori ‘World’s Best Coffee’. Oleh karena itu, potensi Kampung Wangun untuk dikembangkan menjadi desa wisata sangat tinggi dengan kekayaan pesona alam yang eksotik sehingga menarik minat wisatawan yang menikmati pesona Kampung Wangun.

Sejak tahun 2018, Binus University melalui divisi Community Development Academic (CDA) secara bertahap dan berkesinambungan melaksanakan kegiatan filantropi untuk mendukung perkembangan Kampung Wangun melalui berbagai kegiatan, seperti melakukan pembinaan kepada masyarakat Kampung Wangun terkait CHSE dan pelayanan prima dalam melayani wisatawan yang datang, melakukan pembinaan terhadap pengembangan produk agrowisata Kopi Wangun, serta membuat rancangan model ekowisata yang tepat untuk pengembangan pariwisata di Kampung Wangun. Selain itu CDA juga membuat workshop dan pelatihan pemanfaatan daur ulang bahan bekas menjadi kerajinan ornament hiasan berbahan dasar ban bekas sebagai produk souvenir unggulan serta membuat pembangunan instalasi pemanfaatan biogas untuk bahan bakar kompor bagi masyarakat Kampung Wangun Kampung Wangun bagi masyarakat Kampung Wangun.

Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan potensi di Kampung Wangun demi tercapainya pembangunan swasembada pariwisata yang berkelanjutan. (PUTI)