Program Keberlanjutan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Masyarakat Labuan Bajo, NTT

Jakarta, 3 Juni 2023– Labuan Bajo merupakan suatu daerah titisan surga kecil yang berada di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan secara langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan terpisah oleh Selat Sape, Labuan Bajo merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas yang tengah ditingkatkan di Indonesia. Labuan Bajo merupakan gerbang utama menuju Taman Nasional Komodo, yaitu daerah konservasi bagi hewan endemik Komodo dengan dihiasi keindahan alam yang menakjubkan serta keanekaragaman hayati akuatik yang memukau mata.

Sumber Foto: medialabuanbajo.com

Menilik keindahan yang mumpuni dari Labuan Bajo maka Binus University memahami pentingnya implementasi program “Fostering and Empowering” untuk pengembangan wisata dan SDM masyarakat di Labuan Bajo, seperti seminar Pendidikan yang “Quo Vadis Pendidikan Kita?” yang terselenggara melalui Kerjasama antara Program Studi Doctor of Research Management, serta pelatihan tentang Managing Impression and Service Excellence bagi tenaga Kesehatan dan karyawan di RSUD Komodo dan sosialisasi website RSUD Komodo yang diselenggarakan oleh Binus Kampus Malang.

Sumber Foto: Tribun Jatim.com

Melalui pendampingan masayarakat di Labuan Bajo diharapkan dapat berimplikasi baik dan bisa menjadi kota percontohan bagi kota-kota lain di Indonesia Timur. (PUTI)