Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan di Santa Ursula oleh Binus University

Jakarta, 9 Juli 2023 – Binus University mengadakan Project Workshop: Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Para Guru di Yayasan Satya Bhakti (Santa Ursula), sebuah inisiatif yang bertujuan untuk melahirkan pemimpin masa depan yang kompeten dan beretika. Pelatihan ini dirancang khusus untuk memberikan wadah bagi para pendidik dalam mengasah keterampilan kepemimpinan mereka, memungkinkan mereka untuk menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan. Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan di Santa Ursula yang berlangsung mulai tanggal 6-8 Juli 2023 bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang esensi kepemimpinan yang efektif. Peran guru dalam membentuk generasi muda tidak hanya terbatas pada aspek akademis, tetapi juga melibatkan pembentukan karakter, etika, dan orientasi ke depan. Kepemimpinan menjadi esensial karena guru bukan hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membimbing dan memberdayakan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan. Dengan memahami prinsip-prinsip kepemimpinan, para guru dapat merancang pengalaman belajar yang menginspirasi, mendukung, dan mendorong perkembangan holistik siswa. Para peserta diberikan wawasan mendalam dari para dosen Binus University tentang keterampilan komunikasi yang efisien, kemampuan beradaptasi dalam lingkungan yang berubah-ubah, keterampilan pengambilan keputusan, dan kepemimpinan berbasis nilai.

Materi pelatihan mencakup berbagai aspek kunci dalam kepemimpinan edukatif. Ini termasuk pengembangan keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan memimpin dalam tim, manajemen kelas yang efektif, strategi pemecahan masalah, dan pengenalan teknologi pendidikan. Materi ini disampaikan melalui pendekatan interaktif yang dibawakan oleh para dosen program studi Psikologi Binus University, seperti Nangoi Priscilla Francis, M.Psi., Psikolog, Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S.Psi, M.Psi, Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si., Greta Vidya Paramita, M.Psi., Psikolog, Raymond Godwin, S.Psi., M.Si., Angela Dyah Ari Pramastyaningtyas,B.A., M.A., Ph.D.

Melalui Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan bagi para guru di Santa Ursula oleh Binus University, diharapkan para pendidik akan lebih percaya diri dan terampil dalam peran mereka. Mereka akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang merangsang perkembangan kognitif dan sosial siswa, serta mengarahkan mereka menuju prestasi yang lebih tinggi.  (Puti)