Membangun Kemandirian Ekonomi Melalui International Community Development Program (ICDP) Tahun 2023

Jakarta, 11 September 2023– Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia telah menjadi prioritas utama dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat lokal. Untuk mengakselerasi perkembangan UMKM di Indonesia, maka BINUS University berkolaborasi dengan kampus-kampus rekanan yang tergabung dalam NUNI (Nationwide University Network) seperti Unika Atma Jaya, Universitas Kristen Maranatha, Unika Soegijapranata, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Udayana dan kampus mitra Luar Negeri dari Negara Malaysia seperti Universiti Malaysia, Universiti Utara Malaysia, Universiti Malaysia Pahang, dari negara Thailand seperti Burapha University, Rangsit University, dari negara Vietnam seperti Dong Nai University of Technology, Duy Tan University, FPT, Pheenika University, dari negara Singapura seperti Temasek Polytechnic dan dari negara Filipina seperti Bukidnon State University dan Davao del Norte State College. Program kolaborasi tersebut sebuah langkah terobosan yang menunjukkan komitmen serius dalam mengatasi tantangan ekonomi di sektor UMKM, khususnya yang ada di kota Jakarta, Bandung, Semarang, dan Bali. Dalam kerangka ini, ICDP 2023 menjadi wadah para civitas akademika bersatu dalam upaya bersama memajukan UMKM di Indonesia.

Kerjasama antara Binus University dan Nationwide University Network mengilhami penciptaan International Community Development Program. Ini adalah contoh nyata kolaborasi lintas perguruan tinggi yang memiliki tujuan bersama untuk mengatasi permasalahan ekonomi masyarakat lokal. Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan pemasaran UMKM, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut. Salah satu aspek kunci dari keberhasilan program ini adalah keterlibatan aktif mahasiswa dan dosen sebagai fasilitator. Mahasiswa tidak hanya belajar dari buku teks, tetapi juga dari pengalaman nyata di lapangan. Mereka berperan dalam memberikan pelatihan, konsultasi, dan bimbingan kepada pemilik UMKM di berbagai sektor. Dosen, sebagai penggerak intelektual dan pengalaman, memberikan bimbingan dan saran berharga kepada mahasiswa, sekaligus memastikan keberlangsungan program ini.

Sumber: io.binus.ac.id

Melalui Program ICDP 2023, berbagai inisiatif telah diluncurkan untuk mendukung pertumbuhan UMKM di kota Jakarta, Bandung, Semarang, dan Bali. Ini termasuk pelatihan dalam meningkatkan kualitas produk, pemasaran, manajemen bisnis, dan penggunaan teknologi digital. Dengan akses kepada sumber daya dan pengetahuan dari mahasiswa dan dosen, pemilik UMKM dapat menghadapi berbagai tantangan ekonomi dengan lebih percaya diri. International Community Development Program adalah contoh nyata tentang bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi, mahasiswa, dan dosen dapat menjadi motor penting dalam pengembangan UMKM.  Dengan melibatkan mahasiswa dan dosen sebagai fasilitator, program ini telah memberikan kontribusi yang berharga dalam meningkatkan kemandirian ekonomi UMKM Program ini menggabungkan pengetahuan akademis dengan penerapan praktis, menciptakan dampak positif yang terukur di tingkat lokal. Melalui inisiatif seperti ini, UMKM di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Bali semakin siap menghadapi tantangan masa depan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (PUTI)