Jeprat-Jepret..Upload..Segampang Itu Cari Cuan Untuk Para Pelaku UMKM

Jakarta, 30 April 2024Di era digital yang sedang berkembang pesat saat ini, pelaku usaha, khususnya para pemilik UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), telah memasuki tahap di mana pengetahuan tentang teknologi menjadi kunci keberhasilan. Banyak dari mereka yang telah melangkah ke arah yang lebih maju dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk memasarkan produk mereka.

Teach For Indonesia, bersama dengan Community Empowerment BINUS University, menggelar acara Workshop UMKM yang mengangkat tema “Strategi Pemasaran Online & Seni Fotografi Produk yang Menarik” pada tanggal 30 April 2024 di Kampus BINUS Anggrek. Para peserta workshop berasal dari UMKM yang telah dibina oleh BINUS University, yang tersebar di wilayah Tangerang dan Jakarta.

 

Selain mendalami teknik fotografi produk, dari konsepsi hingga pengeditan, yang diajarkan oleh para ahli seperti Bapak Tunjung Riyadi, S.Sn., M.Sn., Bapak Abdul Aziz, S.Sn., M.Med.Kom, Ibu Rina Kartika, S.Sn., M.Sn., dan Ibu Rhomina Hestiningtyas, S.Sn, M.Ds. dari School of Design, BINUS University, workshop ini juga memberikan pemahaman mendalam tentang penerapan Digital Marketing dalam bisnis, termasuk pemahaman tentang perilaku konsumen dan kebutuhan pasar. Materi Digital Marketing disampaikan oleh pakar-pakar seperti Bapak Dr. Sambudi Hamali, S.T., M.M., CPLM dan Ibu Primidya Kartika Miranda Soesilo, S.E., M.Sc., Ph.D dari BINUS Business School.

Selain teori, para peserta juga diajak untuk praktek langsung dalam teknik memotret produk yang menarik serta berinteraksi dengan mahasiswa yang berperan sebagai relawan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang karakteristik konsumen yang beragam. Diharapkan melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM dapat menguasai lebih banyak teknik dalam fotografi produk dan mampu mengadaptasikannya dalam pemasaran produk mereka sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, pengetahuan yang didapat juga diharapkan dapat diterapkan secara praktis dalam kegiatan bisnis sehari-hari mereka. (CE BINUS)