Menuju Pendidikan yang Berorientasi pada Inovasi dan Pengabdian

Jakarta, 26 April 2024 РPendidikan tinggi tidak hanya tentang mentransfer pengetahuan, tetapi juga tentang menciptakan pemimpin masa depan yang berinovasi dan berkomitmen pada pengabdian kepada masyarakat. BINUS University telah memperkuat komitmennya dalam hal ini dengan menyelenggarakan roadshow sosialisasi yang bertujuan untuk memperkenalkan SONA System dan Program Pengabdian Kepada Masyarakat kepada para dosen darri berbagai program studi, mulai dari program studi yang berlangsung  pada tanggal 25-26 April 2024.

Mengenal Lebih Dekat SONA System

SONA System adalah sebuah platform penelitian yang komprehensif, dirancang khusus untuk memfasilitasi proses penelitian di lingkungan akademik. Dengan SONA System, dosen dapat mengelola dan melacak peserta penelitian, mengatur jadwal penelitian, dan menganalisis data secara efisien. Platform ini tidak hanya mempermudah pengelolaan penelitian, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap tahapan penelitian.

Melalui roadshow ini, para dosen BINUS University diberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana SONA System dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melaksanakan penelitian. Mereka diberikan panduan praktis tentang cara menggunakan platform ini secara optimal, serta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan sesama dosen.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat: Menghubungkan Pendidikan dengan Kebutuhan Masyarakat

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu bentuk kontribusi universitas dalam memecahkan masalah-masalah sosial melalui penerapan pengetahuan dan keahlian akademik. Melalui kegiatan PkM, dosen memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam rangka memperbaiki kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat.

Dalam roadshow ini, dosen-dosen BINUS didorong untuk lebih memahami peran dan pentingnya PkM dalam konteks pembangunan masyarakat. Mereka diberikan inspirasi melalui contoh-contoh proyek PkM yang telah sukses dilaksanakan di berbagai daerah. Selain itu, mereka juga diberikan panduan praktis tentang cara merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek PkM yang berdampak positif.

Membangun Keterlibatan dan Kolaborasi

Lebih dari sekadar penyampaian informasi, roadshow ini juga merupakan kesempatan untuk membangun keterlibatan dan kolaborasi antar dosen BINUS University dari berbagai program studi. Mereka didorong untuk berkolaborasi dalam melaksanakan penelitian dan proyek PkM yang relevan dengan bidang keahlian masing-masing, serta untuk mengintegrasikan teknologi SONA System dalam proses penelitian mereka.

Dengan memperkuat kolaborasi ini, BINUS University dapat melangkah lebih jauh dalam memajukan pendidikan yang berorientasi pada inovasi dan pengabdian. Dosen-dosen BINUS diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam membawa dampak positif bagi masyarakat melalui penelitian dan pengabdian mereka.

 

Melalui roadshow sosialisasi tentang SONA System dan Program Pengabdian Kepada Masyarakat, BINUS menegaskan komitmennya untuk menjadi pusat pendidikan yang berorientasi pada inovasi dan pengabdian. Para akademisi didorong untuk memanfaatkan teknologi SONA System dalam melaksanakan penelitian mereka, sambil juga aktif terlibat dalam proyek PkM yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Dengan demikian, BINUS University akan dapat terus memperkuat posisinya sebagai lembaga pendidikan yang berperan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan bangsa. (CE BINUS)