SRIKANDI BINUS PENGABDI MASYARAKAT – Dr. Rida Zuraida, S.T., M.T.,

Di antara jalinan mesin dan ampas kedelai, ada kisah inspiratif dari Dr. Rida Zuraida, S.T., M.T., seorang dosen Teknik Industri dari BINUS University Kampus Semarang yang mendedikasikan dirinya untuk memajukan UMKM di daerah Semarang. Misalnya saja melalui salah satu program pengabdian ‘Peningkatan Jangkauan Pasar, Kapasitas Produksi, dan Kesehatan Tenaga Kerja melalui Penyediaan Mesin Peras Ampas Kedelai’, Dr. Rida membawa perubahan nyata bagi komunitas lokal.

Melalui riset yang mendalam, Dr. Rida menemukan bahwa salah satu UMKM Tahu menghadapi tantangan besar dalam kapasitas produksi, jangkauan pasar, dan kesejahteraan tenaga kerja. Untuk mengatasi ini, dia merancang solusi inovatif berupa penyediaan mesin peras ampas kedelai yang efisien dan ramah lingkungan.

Hasilnya sungguh mengagumkan. UMKM Tahu Badungan tidak hanya mampu meningkatkan kapasitas produksi mereka, tetapi juga memperluas jangkauan pasar mereka. Selain itu, kesejahteraan tenaga kerja meningkat secara nyata, dengan kondisi kerja yang lebih aman dan produktif.

Sekelumit kisah tersebut dari banyaknya program pengabdian Dr. Rida tersebut menjadi inspirasi bagi banyak orang, menunjukkan bahwa melalui penelitian dan dedikasi nyata bagi masyarakat, dapat membawa perubahan positif bagi banyak orang. Dia adalah bukti bahwa ilmu dan inovasi dapat menjadi kekuatan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat. #BinusEmpowerment