Adopsi Teknologi Digital Sektor Pariwisata dalam Talkshow Pemberdayaan Desa

Jakarta, 20 Mei 2024– Dalam kegiatan Talkshow Pemberdayaan Desa dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang bertajuk “Kolaborasi Dalam Inovasi dan Teknologi dalam Pembangunan Desa” pada tanggal 20 Mei 2024, Community Empowerment BINUS University berkesempatan untuk mengundang beberapa narasumber yang mumpuni dalam pemberdayaan desa, salah satunya adalalah Pak Boni Pudjianto, Direktur Ekonomi Digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO). Beliau membawakan materi yang sangat relevan dengan perkembangan zaman, berjudul “Adopsi Teknologi Digital Sektor Pariwisata.”

Sesi talkshow dibuka dengan pengenalan singkat profil para narasumber, diantaranya Pak Boni Pudjianto yang telah memiliki pengalaman luas di bidang teknologi digital dan peran pentingnya dalam pemerintahan. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Pemberdayaan Informatika (2021-2023), dan saat ini menjabat sebagai Direktur Digital Ekonomi di Kementrian Komunikasi dan Informatika. Pak Boni memulai dengan menekankan pentingnya teknologi digital sebagai pendorong utama transformasi di berbagai sektor, termasuk pariwisata.

Pak Boni menjelaskan bahwa KOMINFO mendorong transformasi digital khususnya dalam “Digitalisasi Desa Wisata” dengan melakukan Proof of Concept (PoC) pada rantai nilai sektor pariwisata melalui perkenalan use case digital dan fasilitas adopsi teknologi digital di kawasan prioritas.

Dalam talkshow ini, pak Boni juga menjabarkan adopsi teknologi digital di sektor pariwisata dilakukan ke dala 4 tahap visit/workshop, yaitu:

  1. Desa wisata dan adopsi teknologi, media sosial dan konten kreator
  2. Fotografi, videografi dan drone
  3. Promosi desa wisata, analytics SEO, website maintenance
  4. Storytelling/copy writing dan virtual tour

Pak Boni menguraikan beberapa dampak adopsi teknologi digital dalam sektor pariwisata, antara lain:

  1. Peningkatan kualitas SDM Pengelola Desa Wisata
  2. Tersedianya platform digital desa wisata (dari review, pemesanan, pengelolaan hingga pembayaran)
  3. Digital marketing desa wisata
  4. Peningkatan ekonomi digital
  5. Terciptanya ekosistem digital pada desa wisata

Di akhir talkshow, Pak Boni Pudjianto menekankan bahwa adopsi teknologi digital merupakan langkah penting untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia. Beliau mengajak semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam strategi pariwisata mereka.