Mengembangkan Potensi Bisnis Lokal Melalui Pelatihan Microsoft Office untuk Pelaku UMKM

Jakarta, 4 Mei 2024 – Di tengah dinamika pasar global yang semakin kompleks, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sering kali dihadapkan pada tantangan untuk tetap bersaing. Salah satu kunci kesuksesan dalam era digital saat ini adalah penguasaan keterampilan teknologi yang memadai. Untuk mengatasi tantangan ini, Community Empowerment BINUS University dan  program studi School of Computer Science, membuat pelatihan Microsoft Office yang bertujuan untuk memberdayakan pelaku UMKM lokal.

UMKM adalah tulang punggung ekonomi lokal di banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, seringkali, keterbatasan akses dan pengetahuan tentang teknologi dapat menjadi hambatan bagi pertumbuhan mereka. Inisiatif pelatihan Microsoft Office ini bertujuan untuk mengatasi hambatan tersebut dengan memberikan pelatihan yang praktis dan bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

Pelatihan ini tidak hanya mengenalkan, tetapi juga mendalami penggunaan aplikasi Microsoft Office yang penting dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Melalui pelatihan Microsoft Excel untuk manajemen data dan keuangan, para pelaku UMKM dipersenjatai dengan alat-alat yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional mereka. Keunikan dari pelatihan ini adalah melibatkan dosen-dosen yang berpengalaman dari BINUS University program studi School of Computer Science sebagai mentor seperti Yudy Purnama, S.Kom, M.TI, I Gusti Made Karmawan, S.Kom., M.M., Prasetya Cahya Saputra, S.Kom., M.Kom., PSM I, Santy, S.Kom., M.Sc., PSM I, dan Tangkas Udiono, S.Kom., MMSI.) Mereka tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga memberikan wawasan yang berharga berdasarkan pengalaman mereka dalam dunia bisnis dan teknologi.

Dengan memperoleh keterampilan Microsoft Office, para pelaku UMKM dapat mengalami banyak manfaat positif. Mereka dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengelola data dan keuangan dengan lebih baik, serta meningkatkan kualitas presentasi produk dan layanan mereka. Semua ini dapat membantu mereka bersaing lebih baik di pasar yang semakin kompetitif.