Bersama Membangun Desa Bersinergi dalam Talkshow: Kolaborasi dalam Inovasi dan Teknologi dalam Pembangunan Desa

Jakarta, 22 Mei 2024 – BINUS University, melalui Community Empowerment (CE), sukses menyelenggarakan Talkshow bertema “Kolaborasi dalam Inovasi dan Teknologi dalam Pembangunan Desa” pada tanggal 21 Mei 2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, komunitas, dan pemerintah, untuk membahas strategi membangun desa yang maju dan berkelanjutan melalui kolaborasi, inovasi, dan pemanfaatan teknologi.

Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Dr. Nelly, S.Kom., M.M., selaku Rektor BINUS University. Beliau dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam membangun desa yang maju. Selain itu Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi., M.Si., Vice Rector Research and Technology Transfer, dan Irma Irawati Ibrahim, SS., M.Kom., Deputy Campus Director Campus Alam Sutra, juga menyampaikan sambutan yang inspiratif.

Menghadirkan narasumber inspiratif yang memiliki keahlian di bidang pembangunan desa, inovasi, dan teknologi. Ibu Tri Mumpuni, Dewan Pengarah BRIN, berbagi pengalamannya dalam mendorong inovasi di desa-desa di Indonesia. Bapak Dr. Ir. Yosafat Aji Pranata, S.T., M.T., Dekan Fakultas Teknik Universitas Kristen Maranatha, memaparkan tentang teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa. Bapak Dr. Ir. Bonifasius Wahyu. Pudjianto, M. Eng., Direktur Ekonomi Digital – Kementerian Komunikasi dan Informatika, menjelaskan tentang peran teknologi dalam membangun ekonomi desa yang berkelanjutan. Dan Ibu Dr. Pantri Heriyati, S.E., M.Comm., Head of Social and Student Empowerment BINUS University, memaparkan tentang program-program BINUS University dalam pemberdayaan masyarakat desa.

Di momen spesial ini juga terdapat penghargaan kepada para kontributor dosen serta kordinator PkM terbaik yang telah berdedikasi dalam menjalankan program-program pemberdayaan desa binaan BINUS University. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras dan komitmen mereka dalam membangun desa yang lebih maju dan sejahtera.

Talkshow ini merupakan bukti nyata komitmen BINUS University dalam mendukung pembangunan desa di Indonesia. BINUS University berharap melalui talkshow ini, dapat terjalin kolaborasi dan sinergi yang lebih kuat antara akademisi, praktisi, dan masyarakat dalam membangun desa yang lebih maju dan sejahtera.

Gusti