Kisah Mocaf: Dari Singkong Menjadi Bintang Baru di Era Gaya Hidup Sehat

Di tengah tren gaya hidup sehat dan meningkatnya kebutuhan akan bahan pangan bebas gluten, tepung mocaf (modified cassava flour) menjelma menjadi bintang baru. Berasal dari singkong, mocaf hadir sebagai solusi bagi mereka yang ingin menikmati karbohidrat dengan lebih sehat dan aman.

Namun, sebagai produk baru, mocaf masih membutuhkan strategi jitu untuk menembus pasar dan diterima masyarakat luas. UMKM yang memproduksi mocaf, seperti UMKM Binaan Provinsi Bengkulu, perlu cermat dalam merumuskan strategi yang tepat.

Pendampingan “Strategy for New Product Development” yang dipimpin oleh Masruroh, S.E., M.M., dari prodi Manajemen BINUS University bersama Laksmi Sito Dwi Irvianti, S.E., M.M., dan Pengkuh Ibnu Sudana, S.E., S.Kom, M.M. pada tanggal 5 Mei 2024 melalui Zoom Meeting menjadi momentum penting bagi UMKM untuk memetakan strategi jitu mereka.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti cost, tuntutan pasar, pesaing, legalitas, dan value proposition, UMKM dapat merancang strategi yang inovatif dan tepat sasaran. Pendekatan inovatif ini tak hanya mempertimbangkan ilmu pengetahuan terkait produk mocaf dan kesehatan, tetapi juga memahami kebutuhan dan keinginan konsumen.

Dengan pendampingan yang tepat dan strategi yang jitu, mocaf siap menjadi bintang baru di industri pangan Indonesia.

Gusti