Menjelajahi Pesona Tersembunyi Pulau Untung Jawa: Perpaduan Budaya, Sejarah, dan Keindahan Alam

Di tengah hiruk pikuk Jakarta, tersembunyi sebuah permata tersembunyi bernama Pulau Untung Jawa. Salah satu dari tiga kepulauan kecil di Kawasan Pulau Seribu, DKI Jakarta, Pulau Untung Jawa menawarkan pesona wisata yang memikat. Keindahan pantainya yang menawan, lautnya yang jernih, dan budaya masyarakatnya yang unik menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Meskipun memiliki potensi wisata yang luar biasa, Pulau Untung Jawa masih terhambat oleh beberapa kendala dalam pengembangannya. Tim Proyek Inisiatif, yang terdiri dari 12 prodi dan 2 Center di BINUS University, menemukan beberapa permasalahan, seperti kurangnya kemampuan teknologi, kemampuan bahasa asing, dan mentalitas masyarakat setempat yang perlu ditingkatkan. Selain itu, promosi wisata Pulau Untung Jawa juga masih belum optimal.

Berlandaskan visi misi BINUS University untuk “Fostering and Empowering The Society”, Project Initiative menawarkan solusi multidisipliner untuk mengatasi permasalahan di Pulau Untung Jawa. Kegiatan ¬†diketuai oleh Jimmy Linggarjati, S.Kom., M.Sc., dan beranggotakan Dr. Yi Ying, S.S., M.Lit., M.Pd., Dr. Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom., dan Galih Dea Pratama, S.Kom., M.Kom., ini akan menyelenggarakan kegiatan “Transformasi Digital di Pulau Untung Jawa Berbasiskan Smart Island” pada tanggal 8 Mei 2024.

Kegiatan “Transformasi Digital di Pulau Untung Jawa Berbasiskan Smart Island” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknologi, bahasa asing, dan mentalitas masyarakat setempat. Tim Project Initiative akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat Pulau Untung Jawa untuk memanfaatkan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, seperti promosi wisata, pemasaran produk lokal, dan edukasi.

Dengan terwujudnya “Transformasi Digital di Pulau Untung Jawa Berbasiskan Smart Island”, diharapkan Pulau Untung Jawa dapat menjadi desa wisata yang cerdas, berdaya saing, dan berkelanjutan. Masyarakat Pulau Untung Jawa akan lebih sejahtera dan mampu mandiri dalam mengelola potensi wisata desanya. Project Initiative BINUS University berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan Desa Pulau Untung Jawa dan berkontribusi pada kemajuan bangsa.

Gusti