BINUS University Beri Pelatihan Membangun Industri Kecil di Tanah Air Bagi Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong

Hong Kong, 30 Juni 2024 – Pada Minggu, 30 Juni 2024, Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik BINUS University Jakarta menggelar Kegiatan Pelatihan untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan tema “Strategi Membangun Industri Kecil di Tanah Air”. Kegiatan yang berlangsung di Gallery BNI Hong Kong Admiralty ini dihadiri oleh hampir 150 PMI dan merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat. Para peserta memperoleh berbagai fasilitas seperti materi pelatihan, sertifikat, souvenir menarik dari BINUS University, dan doorprize.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya PMI dalam kesiapan mereka dalam membuka industri kecil saat mereka kembali ke tanah air. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara BINUS University Jakarta, Konsulat Jenderal RI Hong Kong – Macau SAR, Kedutaan Besar RI untuk RRT di Beijing, BNI Hong Kong, dan Bintang Nusantara Learning Center Hong Kong.

Dalam sambutannya, Bapak Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing, Bapak Yudil Chatim, M.Ed, menyampaikan apresiasi atas antusiasme para peserta dan pentingnya pengembangan kemampuan membangun industri kecil bagi PMI. Hadir pula Bapak Pinta Pambuditama, Deputy General Manager BNI Hong Kong yang turut mendukung penuh kegiatan ini.

Pelatihan ini menghadirkan sejumlah narasumber dari Dosen Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik BINUS University Jakarta. Materi pelatihan diawali dengan pemaparan dari Ibu Dr. Dyah Lestari Widaningrum, S.T., M.T., tentang pengendalian kualitas produk UMKM. Beliau menjelaskan aspek-aspek kualitas yang perlu diperhatikan dalam membangun industri kecil produk tempe. Ibu Ir. Fransisca Dini Ariyanti, M.T., IPM, kemudian memberikan penjelasan mengenai sertifikasi dan perizinan UMKM. Selanjutnya, Bapak Amir Tjolleng, S.Si., M.Sc., Ph.D. menyampaikan teknik-teknik digital marketing untuk UMKM melalui marketplace dan media sosial. Materi pelatihan diakhiri dengan penyampaian dari Bapak Fajar Kurniawan, S.T., M.Si., mengenai strategi membangun usaha di tanah air bagi PMI.

 

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi PMI dalam mengembangkan usaha kecil dan menengah, sehingga dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia saat kembali ke tanah air.