PENGABDIAN
BINA UMKM

Peran Perguruan Tinggi sangatlah penting dalam perkembangan masyarakat. Effendi (2003) menyatakan bahwa masyarakat sekarang mempercayakan kepada perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi yang masih memiliki kekuaran moral untuk menjadi panutan masyarakat dalam transformasi menuju masyarakat global. Maka tidak bisa dipungkiri jika perguruan tinggi memiliki peran yang sangat besar dalam memberdayakan kewirausahaan. Dalam penelitiannya, Rasyid (2007) menyatakan perlunya dilakukan kegiatan pemberdayaan UMKM oleh perguruan tinggi dengan dibantu oleh pemerintah dan pihak terkait sehingga UMKM dapat berfungsi sebagai motor penggerak ekonomi kerakyatan.

 

Wujud nyata dari dukungan Bina Nusantara University terhadap UMKM adalah adanya pembelajaran secara teori melalui mata kuliah kewirausahaan. Pada mata kuliah ini mahasiswa tidak hanya diberikan teori, namun juga harus mampu mengaplikasikannya. Mahasiswa harus mampu membuat business plan yang feasible, menentukan strategi marketing, serta mengeksekusi business plan tersebut. Dengan demikian mahasiswa akan meraksan pengalaman yang nyata dan memahami seluk beluk dunia usaha. Pengalaman tersebut yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah dalam mengelola dan mengembangkan usahanya.

Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan UMKM diharapkan dapat memberikan solusi pada masalah yang dihadapi UMKM seperti pemasaran, keuangan, pengembangan produk dan teknologi, serta pengembangan manajemen. Berdasarkan kondisi tersebut sudah selayaknya jika perguruan tinggi berperan aktif dalam pengembangan kewirausahaan karena akan memberikan dampak yang efektif bagi wirausaha kecil.

ARTICLE

Program Pemberdayaan Konservasi Sungai Cisadane dan Manfaat Ekonomis Sungai

Program Pemberdayaan Konservasi Sungai Cisadane dan Manfaat Ekonomis Sungai

Diskusi dan Pendampingan UMKM Batik di Pekalongan untuk Pembangunan Industri Batik Pekalongan

Diskusi dan Pendampingan UMKM Batik di Pekalongan untuk Pembangunan Industri Batik Pekalongan

Sukses! Lapak Fair 2024

Sukses! Lapak Fair 2024

View All