Dorong Kampanye Sadar Wisata, BINUS University Terus Melakukan Pendampingan Desa Wisata Pulau Komodo

Pada 10 September 2024, Perwakilan Desa Wisata Pulau Komodo hadir dalam Forum Pentahelix yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Forum ini menjadi ajang kolaborasi antar pemangku kepentingan, di mana Desa Wisata Pulau Komodo diwakili oleh Bapak Asder selaku lokal champion desa, dan Bapak Abdulaher dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Keikutsertaan mereka merupakan langkah strategis untuk memaksimalkan potensi pariwisata di Pulau Komodo.

Sumber Foto: Kemenparekraf

Dalam kesempatan ini, Desa Wisata Pulau Komodo juga memperkuat hubungan kerjasama dengan BINUS University, yang telah mendampingi pengembangan desa sejak tahun 2023. BINUS University, melalui program pendampingannya, berfokus pada peningkatan wawasan dalam mengembangkan produk-produk kreatif yang berpotensi mendongkrak perekonomian warga, serta pengelolaan pariwisata berkelanjutan dan percepatan pengembangan produk unggulan khas Pulau Komodo.

Para perwakilan Desa Wisata Pulau Komodo, didampingi oleh Ibu Retno Dewanti, S.Si., M.M., Ph.D, selaku Manager Community Empowerment BINUS University, berkesempatan mengunjungi kampus BINUS University. Dalam kunjungan ini, para perwakilan berdiskusi dengan Ibu Dianka Wahyuningtias, SST.Par., M.M., CHE, Dosen Perhotelan BINUS University, untuk membahas hasil produk makanan lokal. Langkah ini diharapkan bisa membawa produk-produk tersebut semakin diminati pasar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Keterlibatan BINUS University dalam pendampingan ini menegaskan komitmennya dalam memberdayakan komunitas melalui kolaborasi yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan. BINUS berharap, melalui program pendampingan yang terus berlanjut, Desa Wisata Pulau Komodo bisa berkembang menjadi destinasi wisata unggulan yang tidak hanya dikenal secara nasional, tetapi juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui inovasi pariwisata yang berkelanjutan.

Gusti