Menciptakan Nilai sebagai Desa Wisata Di Desa Pasirmulya Kabupaten Bandung

(17/01/2018) Banjaran – Tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal mengenai konsep pemasaran dan Modul dalam menciptakan nilai terkait tujuan dari pemerintah Desa yang ingin membangun suatu destinasi desa wisata di Desa Pasirmulya. Sekaligus berdiskusi bagaimana membuat dan mengembangkan materi Perencanan Bisnis (Business Plan) yang sederhana namun tepat sasaran. Partisipan pelatihan ini adalah Kepala Desa Pasir Mulya dan para pemangku kepentingan serta petani dan warga desa. Pelatihan ini menunjukan antusias perangkat desa maupun petani desa untuk dapat berupaya dalam membangun desa. Hasil kegiatan ini memberikan beberapa implikasi, antara lain sebagai berikut. Pertama, implikasi terhadap perencanaan dan pengembangan materi pelatihan bagi perangkart desa yang memiliki potensi sebagai destinasi wisata pedesaan. Dari sisi ilmu pengetahuan, kegiatan ini membantu memberikan kontribusi terhadap konsep dan materi khususnya matakuliah Business Plan dan Entrepreneurship serta Pemasaran. Kedua, implikasi terhadap cara pandang dosen sebagai tenaga pemberi pelatihan terhadap perangkat desa dimana tingkat pendidikan masih rendah. Ketiga, implikasi terhadap pendidikan dan pelatihan dosen. Keempat, implikasi pemilihan metode pelatihan yang tepat bagi komunitas dan perangkat desa khususnya yang memiliki potensi sebagai destinasi desa wisata.

 

 

Kata kunci: Business Plan, Entrepreneur

Oleh:
Martinus Fieser Sitinjak, SE., MM
NIDN: 0307037902
Kode Dosen : D4464