Program Pemberdayaan Konservasi Sungai Cisadane dan Manfaat Ekonomis Sungai

Sungai Cisadane merupakan salah satu sungai utama di Provinsi Banten dan Jawa Barat. Sungai ini memiliki panjang sekitar 138 km dan mengalir dari Gunung Pangrango hingga Laut Jawa. Saat ini kondisi Sungai Cisadane mengalami pencemaran karena limbah domestik dan industri, serta mengalami kerusakan ekosistem akibat deforestasi dan aktivitas manusia.

Melalui kegiatan P2M dengan judul “Program Penanaman Kembali Bantaran Kali Cisadane Sebagai Upaya Konservasi Sungai” yang dilaksanakan oleh Dr. Suryadiputra Liawatimena, S.Kom., Pgdip.App.Sci. dari School of Engineering BINUS ASO dan tim melakukan strategi pemberdayaan masyarakat berupa; pelatihan dan edukasi lingkungan, pengembangan UKM berbasis lingkungan, serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam konservasi.

Yang nantinya diharapkan program ini dapat memberikan manfaat berupa meningkatkan potensi pariwisata berbasis sungai, pemanfaatan sumber daya air untuk pertanian dan perikan, serta menciptakan peluang lapangan kerja melalui program konservasi.

Gusti