Komitmen Binus University dalam pengembangan desa Pasirmulya, Jawa Barat

Sejak tahun 2018, Binus University secara konsisten melakukan pembinaan terhadap Desa Pasirmulya yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Majalaya yang ada di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Desa Pasirmulya berbatasan langsung dengan Kawasan wisata Gunung Puntang. Sebagai sebuah desa yang memiliki keindahan alam hijau dan udara yang sejuk, Gunung Puntang menjadi komoditi wisata unggulan salah satunya wisata mendaki gunung. Rangkaian kegiatan pembinaan dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan oleh Binus University yang merupakan upaya pengembangan desa Pasirmulya menjadi desa wisata yang maju.

Binus University melalui Community Development Center – Academic melakukan pemberdayaan masyarakat  Desa Pasirmulya dengan memberikan pelatihan terkait pengembangan soft skills maupun hard skills seperti pelatihan Service Excellent atau pelayanan prima terhadap wisatawan, pelatihan keterampilan membuat kerajinan tangan dari kain perca bagi Ibu-ibu desa Pasirmulya untuk dijadikan souvenir yang dapat mendorong pembangunan UMKM yang bergerak dalam bidang industri kreatif dan kriya bagi peningkatan ekonomi. Selain itu, Desa Pasirmulya juga dikenal sebagai salah satu desa yang mengembangkan agrobisnis salah satunya adalah tanaman kopi sehingga Binus University beberapa kali mengadakan workshop kewirausahaan kepada para pelaku UMKM.

 

Bentuk komitmen pengabdian kepada masyarakat yang Binus University terapkan tidak hanya dalam aspek penyaluran ilmu dan informasi, namun juga terhadap pengembangan infrastruktur desa seperti renovasi toilet di homestay yang tersedia di Desa Pasirmulya sebagai upaya dalam membentuk image desa wisata yang sehat dan nyaman, melengkapi kebutuhan homestay yang ada di wilayah Desa Pasirmulya berupa kasur, bantal dan selimut sesuai dengan standar CHSE Homestay yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia, membuat signage tempat berkumpul darurat bencana alam di bebrapa lokasi strategis desa Pasirmulya, membuat gerobak hias yang diperuntukkan bagi masyarakat agar dapat menampilkan hasil karya mereka untuk dijual sebagai souvenir khas Desa Pasirmulya serta merekomendasikan perbaikan struktur jalan dan lingkungan untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana penunjang wisata.

Pengabdian kepada masyarakat desa Pasirmulya yang selama ini berjalan adalah hasil kolaborasi antara Community Development Center – Academic dan para dosen Binus serta bekerjasama dengan dinas pemerintah setempat. Dengan kolaborasi ini maka diharapkan setiap entitas dapat saling bersinergi untuk mengembangkan desa Pasirmulya menjadi desa wisata unggulan. (RIA)